Calonkan Tuan Rumah Olimpiade 2036, PP Perbasi: Langkah Maju Bagi Indonesia

- Kamis, 17 November 2022 | 22:41 WIB
Logo Olimpiade. Sejarah Olimpiade dari masa ke masa. (Ist)
Logo Olimpiade. Sejarah Olimpiade dari masa ke masa. (Ist)

JAKARTA- Presiden Jokowi menyampaikan Indonesia siap mencalonkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2036 di saat acara KTT G20 di Bali.

Rencana ini langsung mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, salah satunya adalah Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi).

"Mencalonkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2036 adalah langkah maju bagi Indonesia yang sudah berpengalaman menjadi penyelenggara berbagai event internasional," kata Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi, Kamis 17 November 2022.

Baca Juga: Gregoria Tumbangkan Pemain Thailand, Berhak ke Perempat Final Australia Terbuka 2022

Dengan menjadi tuan rumah Olimpiade 2036, akan menjadi pemantik semangat cabang olahraga untuk bergerak membangun prestasi menembus Olimpiade.

Apalagi sejauh ini hanya cabang olahraga tertentu yang menjadi langganan Olimpiade, seperti bulu tangkis, panahan, dan angkat besi.

"Tekad kami saat Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade nanti, cabang olahraga bolabasket bisa meramaikan. Kami sedang berusaha meningkatkan kualitas dan prestasi timnas agar terus naik dan bisa bersaing di ajang internasional," ujar dia.

Baca Juga: 18 Pengprov Sebut Munas PP Pelti Tabrak Aturan

Menpora Zainudin Amali menyebut kesuksesan menyelenggarakan Asian Games 2018 menjadi modal penting Indonesia untuk mencalonkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2036. Ini karena pesta olahraga tersebut berjalan dengan aman, lancar, dan sukses.

"Kita sudah punya pengalaman sebagai tuan rumah pelaksanaan olahraga, ada Asian Games dan Asian Para Games (2018). Itu sukses,” terang Amali.

Menpora juga mempromosikan kesuksesan Indonesia dalam menyelenggarakan World Superbike hingga MotoGP di Mandalika. Pihaknya  menyatakan kesiapan Indonesia dalam memenuhi persyaratan untuk jadi tuan rumah Olimpiade 2036.

“Berdasarkan banyaknya penyelenggaraan kelas dunia yang telah sukses di Indonesia, kami siap memenuhi persyaratan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2036 mendatang. Itu harapan kami,” jelas Menpora.

Baca Juga: Rumah Tradisional Batak Beri Inspirasi pada Perkembangan Arsitektur di Nusantara

Pernyataan Menpora Amali ini kemudian disambut baik Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach. Kesuksesan tersebut, menurut Bach adalah suatu modal yang bagus.

Halaman:

Editor: Fauzan Jazadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X