Tepat, Kepercayaan Jokowi pada Erick Thohir Siapkan IKN Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

- Sabtu, 19 November 2022 | 13:02 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Dok. Kementerian BUMN)
Menteri BUMN Erick Thohir. (Dok. Kementerian BUMN)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Kepercayaan Presiden Joko Widodo terhadap Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir untuk menjalankan tugas-tugas strategis, dinilai tepat. Kali ini, dia diberi tanggung jawab mempersiapkan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada tahun 2036 mendatang.

"Kepercayaan Presiden Jokowi menunjuk Erick Thohir sangat tepat. Sebab, sebagai anggota International Olympic Committee (IOC), akan mempermudah langkah Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade di 2036," kata anggota Komisi X DPR RI Rano Karno dalam pesan tertulisnya, Sabtu (19/11).

Menurutnya, pekerjaan rumah itu tentu membutuhkan keterlibatan berbagai pihak. Khususnya yang mampu menjaga kesinambungan pembangunan usai Jokowi menuntaskan masa kerjanya pada 2024.

"Penunjukan IKN Nusantara sebagai tempat berlangsungnya Olimpiade dan Paralimpiade 2036, tak lepas dari tujuan Presiden Jokowi. Yakni untuk memastikan kesinambungan pembangunan di IKN Nusantara, setelah masa jabatannya berakhir 2024 besok," ujarnya.

Hal itu sekaligus memastikan kesinambungan pembangunan yang telah dirintis Jokowi. Sehingga dapat terus dilanjutkan di masa depan.

"Erick Thohir adalah sosok yang berpengalaman dan profesional di dunia olahraga. Terlebih lagi, dia adalah anggota IOC yang akan memudahkan dirinya berkomunikasi dengan Presiden IOC," tandasnya.

Dibutuhkan
Politisi PDIP itu menegaskan, figur pengampu yang berpengalaman, profesional dan bertangan dingin, jelas sangat dibutuhkan. Khususnya dalam menjaga kepentingan nasional.

"Sekaligus mempertahankan peran penting Indonesia di dunia internasional," tegasnya. Presiden IOC Thomas Bach sendiri telah memberikan dukungan atas keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade 2036.

Dukungan ini, lanjutnya, sebagai pengakuan dunia internasional kepada Indonesia. "Dukungan IOC untuk Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade di ibu kota baru Indonesia Nusantara pada 2036 adalah sebuah pengakuan dunia internasional," ucapnya.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Indonesia Patriots Siap Tatap Kompetisi IBL 2023

Jumat, 9 Desember 2022 | 19:15 WIB

1.500 Atlet Ikuti Kejuaraan Akuatik Terbuka

Jumat, 9 Desember 2022 | 18:53 WIB

Langkah Apriyani/Fadia Terhenti di Fase Grup

Jumat, 9 Desember 2022 | 14:41 WIB
X