Soekarno Sungkawa

- Jumat, 10 September 2021 | 08:45 WIB
Ilustrasi (Google)
Ilustrasi (Google)

Oleh Benke.

Aku lebih senang pemuda yang merokok dan minum kopi sambil diskusi tentang bangsa ini, daripada pemuda kutu buku yang hanya memikirkan diri sendiri”.(Soekarno)

JAKARTA, Suaramerdeka-Jakarta.com -- KALAU Soekarno masih hidup dan tahu kondisi Indonesia sekarang, dipastikan akan lain narasi yang dikatakannya.

Mungkin dia akan mengatakan; Aku lebih suka melihat pemuda yang turun ke jalan, meski membawa poster luculucu, sambil sesekali menari unyunyu dan wagu, tapi tetap mengkhawatirkan dan memikirkan nasib bangsanya. Daripada pemuda yang berdiam diri, nyaman, dan berpikir negeri ini seolah mapan dan baik-baik saja.

Karena Soekarno sadar betul, sebagaimana narasi asli pidatonya di Hari Pahlawan 10 November 1961. Saat itu, dia mengatakan, “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.”

Mu, dalam akhiran diksi perjuangan-mu adalah kita saat ini. Yang secara organik dan natural terusik, kemudian bergerak dengan cara dan medium neka rupa atas nama kegentingan negara. Karena pengesahan UU Cipta Kerja yang ditimbang tidak berpihak kepada hajad hidup orang banyak. Terutama kaum buruh dan pekerja lainnya.

Kemudian kalimat lanjutan, “perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri,” sebagaimana dikatakan Soekarno, memang benar adanya. Karena kita sangat kesulitan harus berhadapan dan bersemuka dengan saudara sebangsa sendiri, yang berpunggungan pandangan Politik dalam melihat persoalan kiwari.

Terutama berhadapan dengan kekuasaan yang cenderung dan dipastikan senantiasa hampir selalu menyalahpami siapapun yang dianggap berseberangan dengannya.

Kemudian memenjarakan siapa saja yang ditimbang merongrong “wibawa negara”. Sambil melempar tuduhan tak berdasar. Via proses hukum dan peradilan dagelannya.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kuda Hitam Pilpres 2024.

Jumat, 9 Desember 2022 | 02:22 WIB

Kekalahan itu Guru.

Rabu, 30 November 2022 | 04:34 WIB

Selamat Milad Maston Lingkar

Sabtu, 26 November 2022 | 13:28 WIB

Peringatan Hari Guru dalam Sastra.

Sabtu, 26 November 2022 | 09:06 WIB

Aku Berbiak di Gadgetmu.

Rabu, 23 November 2022 | 11:06 WIB

Garis-Garis Manis Made Kaek

Jumat, 18 November 2022 | 09:37 WIB

Absolutisme Kebiasaan yang Mematikan.

Sabtu, 12 November 2022 | 09:28 WIB

Sebuah Refleksi: Menelisik Film Indonesia

Minggu, 30 Oktober 2022 | 06:53 WIB
X