Melalui Puisi Sangkan Paraning Dumadi

- Rabu, 19 Januari 2022 | 17:16 WIB
Buku puisi Mengheningkan Puisi Benny Benke (DAF)
Buku puisi Mengheningkan Puisi Benny Benke (DAF)

Oleh Doddi Ahmad Fauji

Jakarta.Suaramerdeka.com,- Bila Ia menghendaki sesuatu, Ia tinggal berucap: Kun, fayakun (Jadi, maka jadilah!) (QS, Yasin ayat 82).

Klausa di atas mengandung renungan, yén penciptaan apapun oleh Tuhan, dijelmakan awalnya melalui bahasa. Maka, pepatah bangsa Arab yang berbunyi ‘al-aslu lughotan’ (asal usul itu berasal dari bahasa), mendapatkan pembenaran teologis.

Hatta, bangsa kita tampak kian mandul dalam mencipta piranti di bidang ke-insinyur-an, yang amat dibutuhkan untuk kemudahan mengurusi hidup, itu adalah imbas dari mandulnya penciptaan dalam ranah kebahasaan.

Alih-alih menciptan, kita malah kian rajin mengimpor gramatologi (tata-bahasa) sejak dari tataran paling rendah berupa ilmu huruf (fonologi), kata (morfologi), kalimat (sintaksis), penandaan (semiotik), makna (semantik), lingkaran tafsir makna (hermeneutika) dan wacana (diskursus).

Baca Juga: Sutardji Calzoum Bachri; Puisi Benny Benke Prosaik, Layak Direnungkan

Tulisan ini diurai, untuk mengantarkan sehimpun puisi Benny Benke dalam buku antologi ini, dengan niatan hendak menegas-tegaskan, betapa belajar berpuisi amat penting untuk menunjang keterampilan berbahasa, sebab puisi memang telah meminjam bahasa tulis sebagai media penyampai, atau sarana untuk mengkomunikasikan gagasan si penyair. 

Dengan tulis-baca puisi, semoga ikut merawat bahasa, syukurlah bila malah bisa mencipta bahasa, hingga tak perlu mengimpor gramatika.

Pengantar dari Bre Redana yang direntangkan setelah ini, akan terasa setali tiga uang, bahkan menguatkan pandangan saya, yén berpuisi adalah belajar menata bahasa, dan menata bahasa pada dasarnya menata kepekaan afeksi, kongnisi, intuisi, imajinasi bahkan naluri untuk menciptakan aneka piranti yang bermanfaat bagi kelestarian bumi berserta para penghuninya.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kekalahan itu Guru.

Rabu, 30 November 2022 | 04:34 WIB

Selamat Milad Maston Lingkar

Sabtu, 26 November 2022 | 13:28 WIB

Peringatan Hari Guru dalam Sastra.

Sabtu, 26 November 2022 | 09:06 WIB

Aku Berbiak di Gadgetmu.

Rabu, 23 November 2022 | 11:06 WIB

Garis-Garis Manis Made Kaek

Jumat, 18 November 2022 | 09:37 WIB

Absolutisme Kebiasaan yang Mematikan.

Sabtu, 12 November 2022 | 09:28 WIB

Sebuah Refleksi: Menelisik Film Indonesia

Minggu, 30 Oktober 2022 | 06:53 WIB
X