Komedi Tragedi dalam cerita BPI

- Selasa, 22 Maret 2022 | 07:01 WIB
Akhlis Suryapati (Istimewa)
Akhlis Suryapati (Istimewa)

Oleh Akhlis Suryapati

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,- Bagian mana komedi dan bagian mana tragedi dalam cerita ini, silakan dipilah-pilih sendiri. Toh dua hal itu seperti sisi mata uang. Juga tergantung di posisi mana kita bersudut- pandang dalam melihat sebuah peristiwa atau kejadian. 

Hari-hari menjelang Kongres Badan Perfilman Indonesia (BPI) Ketiga,  25-29 Maret 2022, muncul cerita yang bisa mengundang haru atau pun geli. 

Misalnya, ada proses penjaringan bakal calon ketua dengan persayaratan ala seleksi pejabat tinggi negara – lha wong BPI ini swasta mandiri.  Ada chairman threshold (ambang batas calon ketua diusulkan minimal lima stakeholder), ada SKCK, surat bebas narkoba, dan hal-hal semacam itu. 

Di media sosial perfilman beredar polling. Kayak polling elektabilitas calon presiden gitulah.  Lima nama dalam satu hari peringkatnya berpindah-pindah. Pengisi pollingnya ratusan, sementara pemilik hak pilih di Kongres BPI sendiri kabarnya 60 lebih dikit – yang orangnya itu-itu juga sesama warga masyarakat film yang kebanyakan tahu sama tahu.

Dalam polling, nama wakil ketua BPI Dewi Umaya sering di urutan bawah. Kemarin yang bersangkutan mengedarkan selebaran; menyatakan bahwa dirinya tidak pernah mencalonkan diri sebagai Ketua BPI dan tidak punya ambisi dan  niatan untuk menjadi pengurus BPI lebih lanjut.

Di selebaran itu dinyatakan bahwa pembuatan polling tidak valid, pembuatnya tidak bertanggungjawab, merasa integritas dan intelektualitasnya tidak dihargai, penyelenggaraan polling itu melewati batas toleransi, bersama kuasa hukum dirinya mempertimbangkan untuk mengambil tindakan hukum.

Nah lho! Bisa komedi bisa pula tragedi tho?

Ada juga cerita, sebuah organisasi memberi surat dukungan kepada seseorang untuk maju menjadi calon ketua. Dicabut lagi.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selamat Milad Maston Lingkar

Sabtu, 26 November 2022 | 13:28 WIB

Peringatan Hari Guru dalam Sastra.

Sabtu, 26 November 2022 | 09:06 WIB

Aku Berbiak di Gadgetmu.

Rabu, 23 November 2022 | 11:06 WIB

Garis-Garis Manis Made Kaek

Jumat, 18 November 2022 | 09:37 WIB

Absolutisme Kebiasaan yang Mematikan.

Sabtu, 12 November 2022 | 09:28 WIB

Sebuah Refleksi: Menelisik Film Indonesia

Minggu, 30 Oktober 2022 | 06:53 WIB

Quo Vadis DKJ dan Musyawarah Burung.

Kamis, 27 Oktober 2022 | 08:09 WIB
X