Membayar Hutang Lama

- Minggu, 3 April 2022 | 15:11 WIB
Wina Armada Sukardi (Arsip Pribadi)
Wina Armada Sukardi (Arsip Pribadi)

Oleh Wina Armada Sukardi

Pengantar.

Puasa bukan sekedar menahan lapar dan dahaga serta nafsu belaka, tapi puasa juga mengajarkan manusia untuk berbuat baik, termasuk pada hal-hal “kecil” yang mengandung unsur kebaikan. Memelihara hati agar tetap bersih.

Biasanya setiap jelang sholat subuh, saya mengirim pesan ajakan untuk sholat subuh. Selama bulan ramadan sebagian besar muslim pastilah sudah otomatis bangun untuk sahur dan sholat subuh, sehingga saya pun tak mengirim pesan ajakan itu.

Sebagai gantinya selama bulan puasa saya membuat “kisah-kisah” kecil dan pendek yang diharapkan dapat membangkitkan kemanusian manusia kita untuk berbuat baik.

Tabik

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,- Siang itu matahari tidak begitu terik. Saya sedang mengendarai motor Honda CB 100 berwarna merah. Di jok belakang membonceng kekasih. Kami sama-sama tidak memakai helm lantaran belum ada peraturan yang mewajibkan pengendara motor memakai helm. Sejak SMP sampai akhir kuliah di FHUI, saya hampir setiap hari naik motor.

Waktu itu orang tua kami memiliki rumah di Jalan Irian Jaya No 1, Depok, Jawa Barat. Saya tentu saja sering mengujungi mereka. Kalau kesana saya memakai motor yang sehari-hari saya kendarai.

Untuk mempererat “komunikasi” saya sering membawa kekasih saya ke rumah orang tua saya. Rumah sang kekasih dulu di Jalan Tambak, Jakarta Pusat. Kami biasanya dari Jalan Tambak melalui jalan Minangkabau, Sahardjo, terus melalui patung pancoran. Kemudian terus lagi arah ke Jalan Kalibata ke arah Pasar Minggu dan seterusnya ke Depok.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selamat Milad Maston Lingkar

Sabtu, 26 November 2022 | 13:28 WIB

Peringatan Hari Guru dalam Sastra.

Sabtu, 26 November 2022 | 09:06 WIB

Aku Berbiak di Gadgetmu.

Rabu, 23 November 2022 | 11:06 WIB

Garis-Garis Manis Made Kaek

Jumat, 18 November 2022 | 09:37 WIB

Absolutisme Kebiasaan yang Mematikan.

Sabtu, 12 November 2022 | 09:28 WIB

Sebuah Refleksi: Menelisik Film Indonesia

Minggu, 30 Oktober 2022 | 06:53 WIB

Quo Vadis DKJ dan Musyawarah Burung.

Kamis, 27 Oktober 2022 | 08:09 WIB
X