Bea Siswa dan Sepatu Butut

- Senin, 4 April 2022 | 09:52 WIB
Wina Armada Sukardi (Arsip Pribadi)
Wina Armada Sukardi (Arsip Pribadi)

Oleh Wina Armada Sukardi

Cuplikan Kisah Human Interes (2)

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,- Bukan alang kepalang gembiranya hati ini, manakala saya diterima di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI). Cita-cita saya sejak awal memang menggeluti dunia hukum (dan juga jurnalistik) seraya berkarya dalam bidang kesusasteraan. Makanya lulus SMA, tanpa banyak pikir panjang lagi, saya mendaftar dan ikut tes untuk FHUI.

Saat itu, saya tak punya banyak koneksi di dunia (pendidikan) hukum.Tidak punya keluarga yang berlatar belakang hukum. Belajar bukan pula di sekolah tergolong favorit. Sekolah saya SMA Sumbangsih. Teoritis sulitlah saya menembus kampus elite tersebut. Oleh lantaran itu, ketika diterima disana, begitu bahagianya diriku ini. Buku harian saya saat itu, penuh dengan catatan penerimaan ini. 

Makanya saya pun belajar dengan rajin. Namun, sejujurnya, sebagai murid dari jurusan IPA dan dididik di lingkungan banyak informasi dan buku-buku, pelajaran-pelajaran di FHUI waktu itu, bagi saya, tak tahu bagi yang lain, tidaklah terlalu sulit.

Tak banyak teori dan pengetahuan yang terlalu ruwet. Apalagi saya sendiri memang sejak awal menyukainya.

Walhasil pada tingkat 1, dulu belum memakai sistem semester seperti kiwari, saya mampu menempati peringkat 10 besar buat angkatan saya, FHUI 1978. Padahal tidak ada ambisi sama sekali ke arah itu. Saya cuma belajar optimal saja. 

Pada zaman itu belum ada komputer atau HP. Waktu itu saya lihat, sebagian besar yang diterima perguruan negeri ternama, biasanya, berasal dari keluarga-kekuarga mapan, atau setidaknya kelas ekonomi menengah serta dari daerah perkotaaan.

Tentu tetap ada pelajar dari daerah dan atau keluarga ekonomi bawah yang diterima. Hanya saja jumlah mereka tidak begitu besar. Pengetahuan dan akses mereka terhadap materi hukum belumlah terlalu besar.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kekalahan itu Guru.

Rabu, 30 November 2022 | 04:34 WIB

Selamat Milad Maston Lingkar

Sabtu, 26 November 2022 | 13:28 WIB

Peringatan Hari Guru dalam Sastra.

Sabtu, 26 November 2022 | 09:06 WIB

Aku Berbiak di Gadgetmu.

Rabu, 23 November 2022 | 11:06 WIB

Garis-Garis Manis Made Kaek

Jumat, 18 November 2022 | 09:37 WIB

Absolutisme Kebiasaan yang Mematikan.

Sabtu, 12 November 2022 | 09:28 WIB

Sebuah Refleksi: Menelisik Film Indonesia

Minggu, 30 Oktober 2022 | 06:53 WIB
X