Sajadah Tak Sampai

- Kamis, 7 April 2022 | 09:40 WIB
Wina Armada Sukardi (Arsip Pribadi)
Wina Armada Sukardi (Arsip Pribadi)

Oleh Wina Armada Sukardi

Cuplikan Kisah Human Interest (5)

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,- Hari pertama tahun 2022, teman saya, Sanny Suhaldi, ahli teknologi dan industri sekuriti, datang ke villa tempat kami menginap di daerah sekitar Bogor. Ketika sudah mau pulang, tiba-tiba dari mobilnya dia mengeluarkan dua buah sajadah tebal merek Dunlopillo berwarna coklat dan bermoti warna keemasan. 

“Waktu itu sedang ada diskon 50%. Jadi saya beli dua,” kata lelaki asal Muntok, Bangka dan beragama non muslim itu terus terang.

“Saya beliin dan kasih buat Pak Wina sama isteri,” tambah Presiden Persatuan Drone wilayah Asia ini. Pemberian itu saya terima dengan suka cita, sebagai suatu apresiasi mendapat sajadah dari seorang sahabat yang non muslim. 

Segera setelah Sanny pulang, pemberian ini langsung mengingatkan saya kepada kisah saya sendiri yang ingin memberikan sajadah kepada orang yang saya kenal. 

Peristiwannya, dalam suatu acara penataran untuk para kritikus film, sebelum pandemi covid-19 berlangsung, saya jumpa Prof. Salim Said. Pendiri dan mantan wartawan majalah berita Tempo ini saat itu bertindak sebagai salah satu narasumber.

Di luar acara resmi penataran, dengan saya dia berbicara banyak hal, mulai situasi peta politik mutahir saat itu sampai perkembangan produksi serta mutu karya film Indonesia. Di sela-sela pembicaraan itu, kami bicara pula soal usia dan kesehatan.

“Usia seperti saya ini, kalo sholat, harus benar-benar konsentrasi, karena sudah sering lupa rakaat keberapa,” katanya.
“Oh gitu ya?”
“Iya. Makanya apakah Wina tahu atau bisa usahakan dapat sajadah yang bisa memberitahu kita waktu sujud pada rakaat keberapa,” tanyanya.
“Oh, ada,” sambut saya tanpa ragu. “Setahu saya sudah banyak dijual.”
“Tolong cariin, nanti saya ganti biayainya.”
“Oh pasti bisa dong, “ jawab saya cepat penuh keyakinan. “Untuk Pak Salim, saya akan carikan dan gak perlu bayar. Present dari saya,” tandas saya.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kekalahan itu Guru.

Rabu, 30 November 2022 | 04:34 WIB

Selamat Milad Maston Lingkar

Sabtu, 26 November 2022 | 13:28 WIB

Peringatan Hari Guru dalam Sastra.

Sabtu, 26 November 2022 | 09:06 WIB

Aku Berbiak di Gadgetmu.

Rabu, 23 November 2022 | 11:06 WIB

Garis-Garis Manis Made Kaek

Jumat, 18 November 2022 | 09:37 WIB

Absolutisme Kebiasaan yang Mematikan.

Sabtu, 12 November 2022 | 09:28 WIB

Sebuah Refleksi: Menelisik Film Indonesia

Minggu, 30 Oktober 2022 | 06:53 WIB
X