63 Tahun Sahabat Erwiyantoro; Jangan Biarkan Kopi itu Cepat Dingin di Kandang Ayam.

- Selasa, 12 April 2022 | 13:24 WIB
Yon Moeis dan Erwiantoro Cocomeocacamarica (Arsip Pribadi Yon Moeis)
Yon Moeis dan Erwiantoro Cocomeocacamarica (Arsip Pribadi Yon Moeis)

Oleh Yon Moeis

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,- PERTEMANAN, juga persahabatan, tidak melulu bisa diukur dengan panjangnya perjalanan yang sudah ditempuh, tidak pula banyaknya tempat-tempat kuliner yang disinggahi. Tapi, kini, cukup hanya dengan segelas kopi.

Di "Kandang Ayam", tamu-tamu, atau siapa pun yang datang, tawaran pertama sebelum duduk adalah "kopi" dan, dipaksa tidak ada pilihan. Jika ada pilihan; kopi manis atau kopi tanpa gula.

Lebih dari sepuluh tahun, di "Kandang Ayam", kawan, sahabat Erwiyantoro merajut pertemanan dengan hanya segelas kopi.

J. Erwiyantoro, hari ini berulang tahun. 63 tahun lalu, sejak dilahirkan, ia sudah memiliki dua "warga negara"; Semarang dan Padang.

Satu hari setelah ia dilahirkan di Semarang, kedua orang tuanya memboyongnya ke Padang dan tinggal di sebuah rumah yang asri di kawasan Ujung Gurun dan Padang Pasir. Ia sekolah di SD Yos Sudarso yang letaknya tak jauh dari rumah orang tua-nya.

"Gue dulu sekolah di sini, " kata Toro ketika saya menemani dia keliling kota Padang. "Di depan ini lapangan bola, gue main bola di situ, " kata dia lagi sambil menunjuk arah Mapolda Sumbar, yang dulu katanya lapangan sepak bola.

Sepuluh tahun Toro tinggal di Padang sebelum akhirnya ia diboyong kembali ke Semarang. "Tiga adik-adik gue lahir di Padang, " kata Toro.

Hampir 40 tahun saya mengenal - luar dan dalam, tentu saja - sosok yang satu ini sejak pertama kali kami bertemu di "Lenteng Agung of University" pada 1981. Teman satu kampus, satu profesi (kami satu liputan; olahraga), satu permainan, dan satu perasaan, terutama yang menyangkut kuliner, musik, dan memahami isi hati wanita.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kekalahan itu Guru.

Rabu, 30 November 2022 | 04:34 WIB

Selamat Milad Maston Lingkar

Sabtu, 26 November 2022 | 13:28 WIB

Peringatan Hari Guru dalam Sastra.

Sabtu, 26 November 2022 | 09:06 WIB

Aku Berbiak di Gadgetmu.

Rabu, 23 November 2022 | 11:06 WIB

Garis-Garis Manis Made Kaek

Jumat, 18 November 2022 | 09:37 WIB

Absolutisme Kebiasaan yang Mematikan.

Sabtu, 12 November 2022 | 09:28 WIB

Sebuah Refleksi: Menelisik Film Indonesia

Minggu, 30 Oktober 2022 | 06:53 WIB
X