Masjid Isa dan Perawan Maria

- Rabu, 13 April 2022 | 14:14 WIB
Akmal Nasery Basral (Arsip Pribadi)
Akmal Nasery Basral (Arsip Pribadi)

Oleh Akmal Nasery Basral

SKEMA
[Sketsa Ramadhan]

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,- KISAH tentang aktivitas Masjid Holland Park, Brisbane, Australia, dari film dokumenter The Mosque Next Door yang saya posting tiga hari lalu (Minggu, 10 April), mengundang sejumlah respon positif. Salah satunya dari Ardy Muawin, Master Administrasi Bisnis dari Universitas Michigan, yang sempat menjadi jamaah Masjid Holland Park ketika tinggal di Australia.

“Saya pernah ngobrol dengan Imam Uzair Johnson. Imam yang luar biasa. Brisbane penuh kenangan meski saya hanya dua tahun di sana. Anak bontot lahir di sana,” tulisnya dalam pesan japri kepada saya.

Beberapa komentar pembaca lain meminta saya menulis lagi kisah masjid dengan angle khas. Untuk mengapreasi permintaan itu, topik SKEMA (Sketsa Ramadhan) hari ini saya ulas lima masjid dengan nama istimewa yang—sependek pengetahuan saya—belum pernah digunakan oleh masjid-masjid yang ada di tanah air.

Nama masjid biasanya mengambil salah satu cara ini, entah dari khazanah Asmaul Husna (99 nama Allah), nama para nabi, nama salah seorang sahabat Nabi Muhammad s.a.w., nama lokasi tempat masjid berdiri, nama pembangun masjid (atau nama orang tua sang pendiri jika dia sungkan namanya dipakai), atau nama-nama bagus dan bermakna lainnya dalam bahasa Arab.

Sehingga, jika sampai ada nama masjid yang nyeleneh seperti Masjid Desa Temu Jodoh, di daerah Chaah Segamat, Johor Darul Takzim, Malaysia, itu benar-benar salah satu ‘keajaiban dunia’ meski bukan hil yang mustahal. Sebab kalau memang ada kesepakatan antara pengelola dan jamaah soal nama, mau diberi nama apapun oke saja sepanjang tidak bermakna negatif.

Soal apakah jamaah Masjid Temu Jodoh benar-benar menemukan soulmate mereka di sana atau tidak, itu adalah soal lain.

Fokus tulisan ini tentang nama istimewa dari dua sosok teladan dan disucikan dalam Islam yakni Isa Putra Maryam dan sang ibunda mulia Maryam Putri Imran. Kelima masjid itu adalah Virgin Mary Masjid (Melbourne, Australia), The Mosque of Jesus Christ (Madaba, Jordan), The Isa ibn Maryam Mosque (Syracuse, New York City), The Mosque of Jesus Christ Son Mary (Kisumu, Kenya) dan Mary The Mother of Jesus Mosque (Abu Dhabi, UAE).

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Terkini

Selamat Milad Maston Lingkar

Sabtu, 26 November 2022 | 13:28 WIB

Peringatan Hari Guru dalam Sastra.

Sabtu, 26 November 2022 | 09:06 WIB

Aku Berbiak di Gadgetmu.

Rabu, 23 November 2022 | 11:06 WIB

Garis-Garis Manis Made Kaek

Jumat, 18 November 2022 | 09:37 WIB

Absolutisme Kebiasaan yang Mematikan.

Sabtu, 12 November 2022 | 09:28 WIB

Sebuah Refleksi: Menelisik Film Indonesia

Minggu, 30 Oktober 2022 | 06:53 WIB

Quo Vadis DKJ dan Musyawarah Burung.

Kamis, 27 Oktober 2022 | 08:09 WIB
X