Pagar Api

- Kamis, 14 April 2022 | 05:51 WIB
Wina Armada Sukardi (Arsip Pribadi)
Wina Armada Sukardi (Arsip Pribadi)

Oleh Wina Armada Sukardi

Cuplikan Kisah Human Interest (12)

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,- Saya masih ingat pedagang pikulan itu sudah setengah tua. Tapi dia berjualan apa, saya sudah tak ingat. Peristiwanya sudah lewat sekitar 35 tahun silam. 

Si penjual kala itu mangkal di salah satu bagian Pasar Mayestik., Kebayoran, Jakarta Selatan. Saat itu saya ingin membeli dagangan darinya. Terjadilah dialog tawar menawar antara saya dengan dia. 

“Ini seluruhnya ada berapa?” tanya saya .
Dia menyebut jumlahnya.
“Harga semuanya berapa?”
Dia menyebut harga totalnya.
“Kalau harga satuanya berapa?” tanya saya lagi. 

Dia lantas menyebut harga satuannya.
“Kok mahal banget Pak?” ujar saya.
“Segini sih gak mahal. Ini udah murah. Tapi boleh kurang sedikitlah,” jawabnya.

Saya tawar setengah. “Kalau boleh, saya ambil sepuluh,” tambah saya. 

Kekasih saya yang ikut saya saat itu, menyikut saya, dan berbisik, “Apa kamu gak kasihan sama dia?”
“Iya kasihan dong.”
“Kalau kasihan kenapa ditawar kayak begitu?”
“Itu soal lain,” tandas saya.
“Soal lain gimana? Udah terima aja harganya!”
“Enggak mau!” tegas saya. Wajah kekasih saya menjadi manyun. Dia cemberut, tak suka. Saya bergeming. Cuek

Saya melanjutkan tawar menawar dengan pedagang itu. Dia juga kelihatan wajahnya tidak suka ditawar sedemikian oleh saya. Jangan-jangan pedagang ini boleh jadi sudah mencap saya pembeli yang paling pelit. Ini pun saya tidak peduli.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kekalahan itu Guru.

Rabu, 30 November 2022 | 04:34 WIB

Selamat Milad Maston Lingkar

Sabtu, 26 November 2022 | 13:28 WIB

Peringatan Hari Guru dalam Sastra.

Sabtu, 26 November 2022 | 09:06 WIB

Aku Berbiak di Gadgetmu.

Rabu, 23 November 2022 | 11:06 WIB

Garis-Garis Manis Made Kaek

Jumat, 18 November 2022 | 09:37 WIB

Absolutisme Kebiasaan yang Mematikan.

Sabtu, 12 November 2022 | 09:28 WIB

Sebuah Refleksi: Menelisik Film Indonesia

Minggu, 30 Oktober 2022 | 06:53 WIB
X