The Winner Take It All

- Rabu, 27 April 2022 | 04:45 WIB
Wina Armada Sukardi (Arsip Pribadi)
Wina Armada Sukardi (Arsip Pribadi)

Cuplikan Kisah Human Interest (24)

Oleh Wina Armada Sukardi.

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,- “Saya ini dalam segala hal kalah oleh Bung Wina,” kata (almarhum) ketua umum PWI Pusat Margiono. “Kecuali satu, waktu pemilihan ketua umum PWI Pusat, saya yang menang!” tambahnya. Ada nada guyon , tapi juga ada nada “meledek.” Saya cuma nyengir. Dia mengatakan itu dalam beberapa kesempatan yang berbeda, langsung di depan saya.

Memang, sebelum nama Margiono muncul, sebagai Sekjen PWI Pusat, saya dianggap sebagai salah satu kandidat terkuat untuk menjadi ketua umum PWI Pusat, menggantikan Tarman Azam yang masa kepengurusan priode keduanya bakal habis. 

Di tengah keadaan seperti itu, konstelasi berubah drastis. Mirip-mirip situasi bangsa kita saat ini. Waktu itu ada usulan dari beberapa pihak, agar Tarman dapat dipilih lagi untuk ketiga kalinya. Padahal dalam Peraturan Dasar (PD) dan Peraturan Rumah Tangga (PRT) hal tersebut tidak memungkinkan.

Menurut PD-PRT PWI, seorang hanya boleh memegang jabatan yang sama maksimal dua priode. Tarman sudah dua periode menjadi ketuan umum PWI, sehingga tertutup kemungkinan untuk menjabat lagi.

Samalah dengan Presiden Jokowi sudah dua priode memegang amanah sebagai Presiden RI, sehingga secara konstitusional dan jiwa konstitutif, tidak dapat lagi mencalonkan diri sebagai presiden.

Kendati begitu ada saja yang mencoba untuk menjadikan Jokowi dapat memangku jabatan presiden untuk ketiga kalinya. Untuk itu konstitusinya harus diubah lebih dahulu. 

Peta persaingan menuju pemilihan ketua umum PWI Pusat kala itu juga mirip seperti perpolitik nasional saat ini. Agar Tarman dapat terpilih untuk ketiga kalinya, ada usulan agar PD-PRT PWI diubah.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kekalahan itu Guru.

Rabu, 30 November 2022 | 04:34 WIB

Selamat Milad Maston Lingkar

Sabtu, 26 November 2022 | 13:28 WIB

Peringatan Hari Guru dalam Sastra.

Sabtu, 26 November 2022 | 09:06 WIB

Aku Berbiak di Gadgetmu.

Rabu, 23 November 2022 | 11:06 WIB

Garis-Garis Manis Made Kaek

Jumat, 18 November 2022 | 09:37 WIB

Absolutisme Kebiasaan yang Mematikan.

Sabtu, 12 November 2022 | 09:28 WIB

Sebuah Refleksi: Menelisik Film Indonesia

Minggu, 30 Oktober 2022 | 06:53 WIB
X