Eril, Cepat Pulang.

- Selasa, 31 Mei 2022 | 15:37 WIB
Doddi Achmad Fauji (Koleksi Pribadi DAF)
Doddi Achmad Fauji (Koleksi Pribadi DAF)

Oleh Doddi Ahmad Fauji

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,- TUHAN yang menjelma dalam bentuk keajaiban, yang bisa menyelamatkan atau menyulap apapun. Saya ikuti berita di berbagai sosmed, dan hingga hari ketiga berlalu, kanal-kanal berita terpercaya mengabarkan, bahkan jejakmu belum terlacak, sekalipun menggunakan kamera dan drone, dan tim SAR terbaik didatangkan. Tapi, tak ada yang tak mungkin jika Ia berujar: Kun!

Kita tak pernah bersua, tapi saya turut merasakan kecemasan dan suara kepasrahan dari seluruh yang berempati, terutama tentu keluarga terdekat seperti ayah dan ibu, adik-kakak atau sepupu, kakek-nenek, sahabat termasuk tetangga.

Mereka yang memiliki rasa empati, umumnya mengulurkan perasaan kasih yang terbaik untuk-mu. Siapa yang kehilangan atau menghilangkan kasih, pada dasarnya sedang memunggungi Tuhan.

Maka semoga juga orang yang tidak suka kepadamu, turut memanjatkan doa yang terbaik. Pasti ada orang yang tidak suka kepada kita. Manusiawi!

Hikmah terbaik yang bisa saya petik, dengan mengikuti pemberitaanmu, saya jadi makin menyadari telah lahir di sebuah bangsa yang tertinggal jauh segala-galanya. Di bidang teknologi, bangsa Indonesia baru sebatas pengguna dan pembelanja peralatan yang dibutuhkan untuk keseharian.

Kita tidak bisa memelihara sungai, yang bisa jernih sejak dari mata hingga muara. Kita tidak bisa menjalankan amanat ‘anadofatu minal iman’, sehingga kota-kota besar di Indonesia, tampak bertumpuk sumberdaya sampah, yang mestinya sampah itu bisa disulap jadi pakan hewan, biogas, atau bahan untuk membangun gedung, dll.

Anak-anak terbaik lulusan perguruan tinggi terbaik pula, diharapkan mampu mengejar yang apa yang tertinggal dari bangsa kita. Mengambang kini harapan yang dipanggulkan ke bahumu.

Moga tentu saja, lesapnya jejakmu jadi pelajaran berharga bagi semua anak bangsa.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kekalahan itu Guru.

Rabu, 30 November 2022 | 04:34 WIB

Selamat Milad Maston Lingkar

Sabtu, 26 November 2022 | 13:28 WIB

Peringatan Hari Guru dalam Sastra.

Sabtu, 26 November 2022 | 09:06 WIB

Aku Berbiak di Gadgetmu.

Rabu, 23 November 2022 | 11:06 WIB

Garis-Garis Manis Made Kaek

Jumat, 18 November 2022 | 09:37 WIB

Absolutisme Kebiasaan yang Mematikan.

Sabtu, 12 November 2022 | 09:28 WIB

Sebuah Refleksi: Menelisik Film Indonesia

Minggu, 30 Oktober 2022 | 06:53 WIB
X