Enam Jurus Mewujudkan Polisi yang Baik

- Jumat, 26 Agustus 2022 | 10:44 WIB
Irjen Pol (Purn) Sisno Adiwinoto (Istimewa )
Irjen Pol (Purn) Sisno Adiwinoto (Istimewa )

Oleh Irjen Pol (Purn) Sisno Adiwinoto.

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,- Harus diakui dengan adanya “tragedi Sambo” cukup memporak-porandakan citra kepercayaan publik kepada Polri.

Celakanya, ditambah lagi dengan adanya elemen masyarakat yang bukannya membantu memulihkan citra Polri, tapi malah “mendompleng” menghujat Polri dan menangguk di air keruh serta memanfaatkan situasi ini “cari panggung” untuk kepentingan pencitraan politik praktis mereka.

Meski begitu, Polri tidak boleh panik karena Tragedi Sambo. Sebaliknya malah tragedi ini harus dijadikan momentum pintu masuk Polri untuk membenahi aspek reformasi kultural Polri, terutama pembangunan moral, disiplin dan perilaku Polri untuk kembali meningkatkan citra Polri

Untuk itu Polri perlu segera “Mewujudkan Polisi dan juga Masyarakat yang Baik dan Disiplin”. 

Kita semua menginginkan adanya Polisi yang baik dan disiplin, maka semestinya warga masyarakat juga harus baik dan disiplin.
Tetapi yang ideal tentunya, dimulai dulu dari Polisi sebagai "penertib atau penegak aturan"nya harus baik dan disiplin, agar menjadi contoh keteladanan bagi masyarakat

Menurut ilmu sosiologi prilaku polisi merupakan cerminan perilaku masyarakatnya, karena perilaku polisi sangat dominan di pengaruhi oleh prilaku dari masyarakat nya itu sendiri. 

Dalam masyrakat yang disiplin dan berprilaku baik, polisinya akan lebih baik lagi, namun dalam masyarakat yang berprilaku menyimpang / melanggar hukum bisa membuat polisinya menjadi kurang baik. 

Misal, bila kultur masyarakatnya suka suap-menyuap dan polisinya tidak punya integritas, tidak disiplin serta tidak punya iman yang kuat, maka berpotensi terjadinya polisi yang korup atau polisi yang tidak baik. 

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kekalahan itu Guru.

Rabu, 30 November 2022 | 04:34 WIB

Selamat Milad Maston Lingkar

Sabtu, 26 November 2022 | 13:28 WIB

Peringatan Hari Guru dalam Sastra.

Sabtu, 26 November 2022 | 09:06 WIB

Aku Berbiak di Gadgetmu.

Rabu, 23 November 2022 | 11:06 WIB

Garis-Garis Manis Made Kaek

Jumat, 18 November 2022 | 09:37 WIB

Absolutisme Kebiasaan yang Mematikan.

Sabtu, 12 November 2022 | 09:28 WIB

Sebuah Refleksi: Menelisik Film Indonesia

Minggu, 30 Oktober 2022 | 06:53 WIB

Quo Vadis DKJ dan Musyawarah Burung.

Kamis, 27 Oktober 2022 | 08:09 WIB
X