Menulis Feature ; Jalan Menuju Surga.

- Jumat, 26 Agustus 2022 | 10:58 WIB
Yon Moeis (Doc Pribadi Yon Moeis)
Yon Moeis (Doc Pribadi Yon Moeis)

Oleh Yon Moeis.

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,- JIKA harus memilih; menulis atau bicara, saya pasti memilih menulis. Tapi, ketika M. Kusnaeni meminta saya berbagi pengalaman, saya tak bisa menolak. Mas Kus -- komentator cerdas, pujaan ibu-ibu muda, kini menjabat anggota Dewan Pengawas RRI Pusat.

Kamis (25/8) kemarin, di Swissbell Hotel Bogor, lebih dari satu jam saya duduk dihadapan 67 perwakilan RRI dari seluruh Indonesia dalam acara "Pertemuan Nasional Bidang Siaran dan Pemberitaan".

Berbekal selembar catatan dan tiga contoh tulisan, saya membuka dengan dua karya jurnalistik; News dan Feature yang, sama-sama memiliki kekuatan, kekurangan serta kelebihan.

Selanjutnya saya cepat beranjak ke materi "menulis feature" yang saya sebut sebagai tulisan lepas, selepas-lepasnya. "Hanya ada satu syarat yang harus dimiliki seorang penulis feature, " kata saya.

"Yaitu cinta yang didalamnya ada berbagai rasa, kasih, kepedulian, kerinduan, kecemasan, kerisauan, serta empati, " kata saya lagi dan saya merasakan para peserta sudah mulai "terpancing".

Kemudian saya ngoceh yang, saya cuplik dari catatan di bawah ini. Selanjutnya saya minta moderator membuka sesi diskusi. Maka selamat lah saya tuk tidak berlama-lama bicara yang, sesungguhnya tidak saya sanggupi.

Ternyata respon peserta luar biasa. Mereka bergiliran mengajukan pertanyaan seputar penulisan feature; mulai pemilihan angle, membuka tulisan, pemilihan tokoh, waktu menulis, dan yang menarik pertanyaan "bagaimana menumbuhkan rasa cinta" sebagai syarat utama menulis feature.

Di akhir acara membagi pengalaman menulis ini, saya mendapat kesempatan bicara lagi.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kekalahan itu Guru.

Rabu, 30 November 2022 | 04:34 WIB

Selamat Milad Maston Lingkar

Sabtu, 26 November 2022 | 13:28 WIB

Peringatan Hari Guru dalam Sastra.

Sabtu, 26 November 2022 | 09:06 WIB

Aku Berbiak di Gadgetmu.

Rabu, 23 November 2022 | 11:06 WIB

Garis-Garis Manis Made Kaek

Jumat, 18 November 2022 | 09:37 WIB

Absolutisme Kebiasaan yang Mematikan.

Sabtu, 12 November 2022 | 09:28 WIB

Sebuah Refleksi: Menelisik Film Indonesia

Minggu, 30 Oktober 2022 | 06:53 WIB

Quo Vadis DKJ dan Musyawarah Burung.

Kamis, 27 Oktober 2022 | 08:09 WIB
X