Ritus Puisi Dalam Tubuh

- Kamis, 8 September 2022 | 20:27 WIB
Puisi Dalam Tubuh Aktor (Tangkapan Layar)
Puisi Dalam Tubuh Aktor (Tangkapan Layar)

Oleh Sosiawan Leak.

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,- Manusia memeram dua kekuatan pada tubuhnya, yakni kekuatan luar dan kekuatan dalam. Demikian keyakinan para penganut seni peran.

Kekuatan luar merupa lagak, laku, dan suara bersumber dari aktivitas tubuh yang dapat ditangkap panca indra. Sedang kekuatan dalam adalah semesta gelora jiwa yang tak kasat mata.

Tak bakal terdeteksi oleh penglihatan pun pendengaran, meski getaran daya serta auranya kerap menjelma roh yang menghidupkan nyawa pemeranan, menjelma darah daging penokohan.

Kekuatan luar terpancar pada pergerakan fisik atas raga. Mewujud pergeseran perangkat wajah (dahi, mata, hidung, mulut, pipi), pergerakan organ (leher, pundak, dada, perut, tangan, kaki) berporos pada persendian serta perpindahan keseluruhan badan dari satu area ke area lainnya di panggung pertunjukan.

Bersama gesture, gerak-gerik kecil tak terstruktur, cenderung sporadis dan improvisaroris namun berdaya juang dalam mempresentasikan sikap tertentu kepada liyan, kekuatan luar itu tak bakal mengemuka bahkan musykil ada tanpa emosi, imajinasi, dan penghayatan yang meletupkan dorongan penjiwaan dari dalam.

Kekuatan luar dan dalam tubuh aktor menjelma ritus percintaan yang seirama kala menyetubuhi pemeranan. Seperti puisi yang melumerkan, meluluhlantakkan atawa menghenyakkan pikir serta rasa pembaca lewat kemanungalan struktur fisik dan batinnya.

Fisik puisi yang tumbuh dari diksi, imaji, kata konkret, verifikasi (rima, ritme, metrum) dibawah asuhan tipografi senantiasa membisikkan rasa, menembangkan nada, menggumamkan tema hingga meneriakkan amanat penyairnya.

Maka, sah saja jika tubuh aktor meminang puisi penyair lantas menyuntingnya di pelaminan karya cipta. Perkawinan mereka pada galibnya merupa naluri eksplorasi dalam membangun mahligai karya seni.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selamat Milad Maston Lingkar

Sabtu, 26 November 2022 | 13:28 WIB

Peringatan Hari Guru dalam Sastra.

Sabtu, 26 November 2022 | 09:06 WIB

Aku Berbiak di Gadgetmu.

Rabu, 23 November 2022 | 11:06 WIB

Garis-Garis Manis Made Kaek

Jumat, 18 November 2022 | 09:37 WIB

Absolutisme Kebiasaan yang Mematikan.

Sabtu, 12 November 2022 | 09:28 WIB

Sebuah Refleksi: Menelisik Film Indonesia

Minggu, 30 Oktober 2022 | 06:53 WIB

Quo Vadis DKJ dan Musyawarah Burung.

Kamis, 27 Oktober 2022 | 08:09 WIB
X