Misteri Rejeki Pemberi Utang

- Jumat, 9 September 2022 | 06:28 WIB
Wina Armada Sukardi (Arsip Pribadi)
Wina Armada Sukardi (Arsip Pribadi)

Oleh Wina Armada Sukardi.

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,- Kalau lihat profil HP saya, disana tertulis, ”semakin banyak memberi, semakin banyak menerima.” Bagaimana mungkin saya dapat sampai kesimpulan itu? Berbagai serpihan hidup saya, membuat saya berkeyakinan itu.

Untuk ukuran rata-rata kesejahteraan orang Indonesia, saya bukanlah orang kategori miskin. Meski saya juga bukanlah termasuk orang dalam klasifikasi kaya (apalagi kaya raya). Meminjam penggolongan para ekonom dan sosiolog, mungkin saya termasuk “kelompok kelas menengah.” Istilah kerennya, midle class

Dari dulu, terutama sejak SMA,sejarah hidup saya sudah membuktikan, “nasib” saya sangat sering dimintai untuk memberi pinjaman uang atau utang.

Saya dapat pastikan, dibanding rata-rata kelas menengah, saya termasuk klaster yang sangat sering diminta pinjam atau utang. Dari mulai sekedar puluhan ribu rupiah, sampai puluhan juta dan bahkan ratusan juta rupiah. Semua pinjaman atau utang dari saya tak ada bunga sama sekali.

Profil Pengutang. 

Profil mereka yang meminjam atau berutang kepada saya beraneka macam. Kalau temen dekat sih tak apa-apalah, lantaran sudah saling mengenal. Kendati begitu, tak jarang juga yang orang belum begitu lama kenal dengan saya, bahkan terhitung baru, sudah berani pinjam uang atau berhutang kepada saya.

Hebatnya, tak sedikit dari yang baru kenal itu, kalau tidak diberi utang, karena saya nilai alasannya tidak rasional atau keterangan tidak dapat saya percaya, mereka langsung “memusuhi” saya. 

Ada juga pengusaha yang dari luar hidupnya terlihat hendon. Ada pula orang dulunya tingkat kesejahteraanya jauh di atas saya, sehingga sering memberi barang-barang brended, tapi kemudian ekonominya terpuruk.
Tentu memang ada orang yang saya faham dari dulu kehidupan dan penghidupannya sulit.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kuda Hitam Pilpres 2024.

Jumat, 9 Desember 2022 | 02:22 WIB

Kekalahan itu Guru.

Rabu, 30 November 2022 | 04:34 WIB

Selamat Milad Maston Lingkar

Sabtu, 26 November 2022 | 13:28 WIB

Peringatan Hari Guru dalam Sastra.

Sabtu, 26 November 2022 | 09:06 WIB

Aku Berbiak di Gadgetmu.

Rabu, 23 November 2022 | 11:06 WIB

Garis-Garis Manis Made Kaek

Jumat, 18 November 2022 | 09:37 WIB

Absolutisme Kebiasaan yang Mematikan.

Sabtu, 12 November 2022 | 09:28 WIB

Sebuah Refleksi: Menelisik Film Indonesia

Minggu, 30 Oktober 2022 | 06:53 WIB
X