Mosaik Putri Diana (19): Naik Gondola Tengah Malam

- Minggu, 25 September 2022 | 08:47 WIB
Pangeran Charles dan Diana, serta buku yang ditulis Ken Wharfe (Sumber foto: hollywoodlife.com, Diana Seteleh Kematian)
Pangeran Charles dan Diana, serta buku yang ditulis Ken Wharfe (Sumber foto: hollywoodlife.com, Diana Seteleh Kematian)

Oleh Ready Susanto, penulis sejumlah buku biografi tokoh

 

Dalam memoar berjudul Diana: Closely Guarded Secret yang beredar pada 2002, Ken Wharfe, mantan kepala pengawal kerajaan Inggris menuliskan kenangan-kenangannya tentang pasangan Charles-Diana. Bagaimana hubungan Charles dengan anak-anaknya? Bagaimana pula dengan kisah-kisah cinta rahasia Sang Putri?

 

Saat itu lewat tengah malam, tetapi Putri Diana hanya punya satu keinginan: naik gondola. Sebagai petugas keamanan pribadi, Inspektur Ken Wharfe harus bisa menghadapi tingkah Sang Putri tanpa harus melalaikan keamanannya. “Kami melakukan apa yang biasa dilakukan orang-orang di Venesia—tetapi pada pukul 12:30 malam,” katanya pada 1990. Lalu “kami berjalan-jalan menyeberangi St. Mark’s Square, menari dalam hujan.” Diana, kenangnya, merasa sangat puas. “Katanya, ‘Kalau saja saya bisa melakukan hal semacam ini sekali setahun saja, pastilah akan bisa membuat segala hal lebih hidup.’ Ini benar-benar pengalaman yang menakjubkan.”

Pengalaman-pengalaman menakjubkan pula yang didapatkan Wharfe, yang bertugas antara 1988 hingga 1993, sebagai kepala bodyguard Diana sepanjang masa-masa paling “rusuh” dalam kehidupannya.

Pada 2002, dalam peringatan lima tahun kematian Diana dalam sebuah kecelakaan mobil di Paris, Wharfe (berusia 55 tahun saat itu) menuliskan berbagai ingatan-ingatan intimnya dalam memoar Diana: Closely Guarded Secret (ditulis bersama Richard Jobson dan diterbitkan oleh Michael O’Mara Books). Buku ini merupakan memoar pertama yang ditulis oleh seorang anggota pasukan keamanan khusus.

Buku ini segera menyulut komentar dari keluarga kerajaan, yang menurut sebuah sumber di Istana menyatakan bahwa mereka “terkejut bahwa seorang petugas keamanan kerajaan bisa mengkhianati kepercayaan dengan cara seperti ini.” Kata Wharfe, yang tidak menandatangani sebuah perjanjian rahasia pun: “Saya melihat ini sebagai sebuah dokumen sejarah—semua buku yang lain hanyalah berspekulasi.”

Menikah dengan Rosemary, seorang restaurateur di Shaftesbury, sebuah kota di Inggris, Wharfe mulai menapaki karier di Scotland Yard pada 1966. Setelah meninggalkan Diana, dia melanjutkan tugasnya dengan keluarga Windsor hingga pensiun pada 9 Agustus 2002.Dalam cuplikan eksklusif ini Wharfe berbagi kenangan mengenai Diana, mulai dari keruwetan-keruwetan perselingkuhan dan perkawinannya yang remuk hingga kesan Wharfe ketika dia mendengar kematian Diana.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Sumber: Pers Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selamat Milad Maston Lingkar

Sabtu, 26 November 2022 | 13:28 WIB

Peringatan Hari Guru dalam Sastra.

Sabtu, 26 November 2022 | 09:06 WIB

Aku Berbiak di Gadgetmu.

Rabu, 23 November 2022 | 11:06 WIB

Garis-Garis Manis Made Kaek

Jumat, 18 November 2022 | 09:37 WIB

Absolutisme Kebiasaan yang Mematikan.

Sabtu, 12 November 2022 | 09:28 WIB

Sebuah Refleksi: Menelisik Film Indonesia

Minggu, 30 Oktober 2022 | 06:53 WIB

Quo Vadis DKJ dan Musyawarah Burung.

Kamis, 27 Oktober 2022 | 08:09 WIB
X