Mosaik Putri Diana (21): Para Pria di Sekitar Diana

- Minggu, 25 September 2022 | 21:35 WIB
Searah jarum jam: Diana, Oliver Hoare, James Gilbey, dan James Hewitt. (Sumber: Istimewa)
Searah jarum jam: Diana, Oliver Hoare, James Gilbey, dan James Hewitt. (Sumber: Istimewa)

Oleh Ready Susanto, penulis sejumlah buku biografi tokoh

 

Ternyata Diana tak hanya menjalin hubungan dengan satu pria. Saat dia rutin berkencan dengan James Hewitt, diapun menjalin hubungan dengan James Gilbey. Lalu ada pula Oliver Hoare, seorang dealer seni. Penuturan Ken Wharfe menambah sederet nama yang sebelumnya telah muncul dalam deretan para lelaki di sekeliling Diana.

 

James Gilbey, pria dalam skandal rekaman “Squidgygate”, masuk dalam kehidupan Diana pada musim gugur 1989, Bahkan saat Diana berkencan dengan James Hewitt tiga kali seminggu, Gilbey selalu ada di sekitar Putri. Sang Putri rupanya mendapatkan kesenangan memperdayakan lebih dari satu pria pada saat yang bersamaan. Sebagai tempat pertemuan, dia sering menggunakan rumah Mara Berni—pemilik restoran favoritnya, San Lorenzo—di London. (Dia kemudian menggunakan rumah sahabatnya Lucia Flecha de Lima, istri duta besar Brasil, juga di London, sebagai tempat perlindungannya.)

Oliver Hoare adalah dealer seni yang sudah menikah dan sahabat keluarga Wales. Pada awal 1992, tulis Ken Wharfe, Diana menjadi “benar-benar terobsesi” dengannya. Diana membutuhkan dia; pada setiap saat yang memungkinkan.

“(Suatu malam) saya sedang bertugas di Istana Kensington. Pangeran tidak ada di rumah dan Hoare datang berkunjung. Sekitar pukul 3:30 malam alarm asapmengirimkan suara melengking yang tajam di sekitar apartemen. Saya keluar dari ruangan saya dan langsung berlari ke ruangan Putri. Tetapi sebelum saya sampai di sana, saya melihat masalahnya. Di sana, di bawah tumbuhan rimbun di gang masuk, berdiri Hoare yang tampak kusut, mengisap sebatang rokok. Diana, yang membenci asap rokok, tak pelak lagi telah menyuruhnya merokok di gang, lupa bahwa semua alarm harusnya dimatikan dulu,” tulis Wharfe.

Inilah salah satu cuplikan kesaksian Wharfe, yang semakin menambah daftar nama para lelaki di sekitar Putri Diana.

Akan halnya Wharfe, dia mengundurkan diri dari tugasnya mengawal Diana pada November 1993, bersamaan dengan ketegangan yang makin meningkat dalam hubungannya dengan Diana. Empat tahun kemudian dia terkejut saat mendengar kabar bahwa Sang Putri tewas dalam sebuah tabrakan mobil maut di Paris.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Sumber: opini

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selamat Milad Maston Lingkar

Sabtu, 26 November 2022 | 13:28 WIB

Peringatan Hari Guru dalam Sastra.

Sabtu, 26 November 2022 | 09:06 WIB

Aku Berbiak di Gadgetmu.

Rabu, 23 November 2022 | 11:06 WIB

Garis-Garis Manis Made Kaek

Jumat, 18 November 2022 | 09:37 WIB

Absolutisme Kebiasaan yang Mematikan.

Sabtu, 12 November 2022 | 09:28 WIB

Sebuah Refleksi: Menelisik Film Indonesia

Minggu, 30 Oktober 2022 | 06:53 WIB

Quo Vadis DKJ dan Musyawarah Burung.

Kamis, 27 Oktober 2022 | 08:09 WIB
X