Mosaik Putri Diana (23): Diana-Charles Saling Mencinta

- Minggu, 25 September 2022 | 21:51 WIB
Saat kebersamaan Putri Diana dan Pangeran Charles (Sumber foto: Reuters)
Saat kebersamaan Putri Diana dan Pangeran Charles (Sumber foto: Reuters)

Oleh Ready Susanto, penulis sejumlah buku biografi tokoh

 

Hubungan Putri Diana dengan Pangeran Charles penuh dengan onak dan duri. Perselingkuhan Charles dan Camilla Parker Bowles menjadi duri dalam daging bagi pasangan kerajaan ini. Apakah derita itu membuat Diana ingin berpisah dengan Charles? Paul Burrell menyatakan sebaliknya, jauh di lubuk hatinya Diana masih mencintai, bahkan memuja, Pangeran Charles.

 

Walaupun hubungan Charles dan Camilla demikian hangat ditanggap di media, sebenarnya Diana tak pernah menginginkan perceraian. Malahan dia sebenarnya masih berharap bisa rujuk dengan Charles. Burrell menyatakan bahwa Diana bukan hanya mencintai Charles. Lebih dari itu, dia memuja Sang Pangeran. “Diana mati-matian mencintainya…. Dia menulis surat kepada teman-temannya, mengatakan betapa dia jatuh cinta, betapa dia memuja Charles, dan betapa beruntungnya wanita seperti dirinya,” kata Burrell. Bahkan ketika hubungan mereka sudah berantakan, kata Burrell, “Dia masih saja ingin memperbaiki pernikahan itu.

Dalam bukunya yang kontroversial itu, Paul Burrell memang membeberkan detail-detail kehidupan pribadi Diana. Kepada Barbara Walters dari ABCNews, Paul Burrell menyatakan, “Dia menyebut saya sebagai mesin cuci emosional-nya.”

Menurut Burrell, Diana pernah mengirimkan sebuah catatan berupa tulisan tangan yang menyatakan bahwa dia “tidak pernah menginginkan perceraian” dengan Pangeran Charles. Diana juga menyimpan lebih dari 20 foto Pangeran Charles di ruangannya di Istana Kensington. Dengan caranya sendiri, Charles pun sebetulnya terus mencintai Diana setelah pernikahan mereka bubar. Charles tetap mengirimi Diana bunga pada saat dia berulang tahun atau mengirimkan hadiah-hadiah pada saat Hari Valentine. “Masih ada kepingan-kepingan cinta kepada Pangeran sampai hari kematiannya,” kata Burrell.

Benarkah gosip yang selama ini beredar bahwa Pangeran Phillip, bapak mertua Diana, sering merendahkan Diana dengan julukan-julukan menghina? Burrell justru membantahnya dan mengatakan bahwa Pangeran Phillip termasuk orang yang mencoba mempertahankan keutuhan rumah tangga anaknya. Malahan menurut Burrell, Pangeran Phillip pernah mengirim surat kepada menantunya yang isinya membela sang menantu. “Bagaimana bisa orang yang berpikir waras meninggalkan dirimu untuk Camilla?” bunyi surat Pangeran Phillip.

Mengenai hubungan Diana dengan Sarah Fergusson, Burrell mengatakan bahwa memang pada saat kematian Diana keduanya sedang saling mendiamkan. Keduanya pernah menjadi sahabat karib, hampir seperti dua bersaudara, tetapi kemudian terjadilah pertengkaran. Namun ketika Diana meninggal, Duchess of York, mantan istri Pangeran Andrew—adik Charles—itu pernah berjumpa dengan Burrel. “Dia menangis. Dia terpukul,” kata Burrell.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Sumber: opini

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selamat Milad Maston Lingkar

Sabtu, 26 November 2022 | 13:28 WIB

Peringatan Hari Guru dalam Sastra.

Sabtu, 26 November 2022 | 09:06 WIB

Aku Berbiak di Gadgetmu.

Rabu, 23 November 2022 | 11:06 WIB

Garis-Garis Manis Made Kaek

Jumat, 18 November 2022 | 09:37 WIB

Absolutisme Kebiasaan yang Mematikan.

Sabtu, 12 November 2022 | 09:28 WIB

Sebuah Refleksi: Menelisik Film Indonesia

Minggu, 30 Oktober 2022 | 06:53 WIB

Quo Vadis DKJ dan Musyawarah Burung.

Kamis, 27 Oktober 2022 | 08:09 WIB
X