Mosaik Putri Diana (27): Diana Tak Ingin Mampir ke Paris

- Selasa, 27 September 2022 | 07:58 WIB
Putri Diana Tak Ingin Mampir di Paris. (Diana Setelah Kematian)
Putri Diana Tak Ingin Mampir di Paris. (Diana Setelah Kematian)

 

Oleh Ready Susanto, penulis sejumlah buku biografi tokoh

 

Berikut ini lanjutan cuplikan buku Paul Burrell A Royal Duty tentang hari-hari terakhir Diana sebelum mengalami kecelakaan yang naas.

 

Setelah liburan di Ir­landia, aku berbicara dengan Putri hampir se­tiap hari, meskipun aku tak pernah mene­leponnya dari rumah…. Dia menceritakan kepadaku mengenai per­ubahan rencana mendadak ke Paris pada 29 Agustus. Dia berbicara kepadaku dari dek kapal Jonikal. Itulah salah satu dari enam hubungan telepon yang dilakukannya dalam dua pu­luh empat jam terakhir hidupnya, seperti tercatat da­lam rekaman panggilan di telepon selularnya.

Aku sedang bertelepon, lintang pukang di ruang duduk di rumah iparku Peter Cosgrove di Farndon, berjarak dua rumah dari rumah pertama kami, dibeli musim semi itu se­bagai tempat liburan. Keluargaku—Maria, putra-putraku, Peter, istrinya Sue, dan putri-putri mereka, Clare dan Louise—semuanya telah mem­beri keleluasaan pribadi ke­pada diriku, tetapi mereka yang ada di dapur mulai tidak sa­­bar karena aku sudah bertelepon de­ngan Putri seki­tar empat puluh menit.

Baca Juga: Mosaik Putri Diana (19): Naik Gondola Tengah Malam

Dalam pem­bi­ca­raan telepon itu, jadwal keda­tang­annya telah diu­bah. Sebenarnya, dia harusnya kembali ke London lang­sung dari Meditera­nia, tiba hari Sabtu, 30 Agustus, lebih awal daripada kedatangan putra-putranya pada hari Minggu. Tetapi Dodi telah menga­takan kepada Putri bahwa dia perlu ke Paris untuk “alasan-alasan bisnis”. Putri tam­paknya agak enggan ke sana, tetapi lagi-lagi, Dodi berhasil membujuknya.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Sumber: opini

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selamat Milad Maston Lingkar

Sabtu, 26 November 2022 | 13:28 WIB

Peringatan Hari Guru dalam Sastra.

Sabtu, 26 November 2022 | 09:06 WIB

Aku Berbiak di Gadgetmu.

Rabu, 23 November 2022 | 11:06 WIB

Garis-Garis Manis Made Kaek

Jumat, 18 November 2022 | 09:37 WIB

Absolutisme Kebiasaan yang Mematikan.

Sabtu, 12 November 2022 | 09:28 WIB

Sebuah Refleksi: Menelisik Film Indonesia

Minggu, 30 Oktober 2022 | 06:53 WIB

Quo Vadis DKJ dan Musyawarah Burung.

Kamis, 27 Oktober 2022 | 08:09 WIB
X