Mosaik Putri Diana (28): ‘Berhati-hatilah, Paul’

- Selasa, 27 September 2022 | 08:18 WIB
Paul Burrell dan Diana. (Diana Setelah Kematian)
Paul Burrell dan Diana. (Diana Setelah Kematian)

 

Oleh Ready Susanto, penulis sejumlah buku biografi tokoh

 

Paul Burrell bukan hanya pembantu pribadi bagi Diana, tetapi juga telah menjadi sahabat dekatnya. Tak lama setelah kematian Diana, Burrell pernah diperkarakan atas tuduhan mencuri barang-barang milik kerajaan. Namun akhirnya dia bebas dari tuntutan karena kesaksian Ratu Elizabeth. Tetapi setelah A Royal Duty terbit, Paul merasa dirinya juga terancam.

 

Paul Burrel sendiri menyatakan bahwa setelah bu­ku­nya terbit, dia merasa khawatir atas keselamatan dirinya. Burrell sempat dituduh mencuri barang milik kerajaan, na­mun setahun yang lalu kasus itu selesai karena campur tangan Ratu Elizabeth. Ratu meng­ingat bahwa dia pernah bercakap-cakap dengan Burrell yang mengatakan bahwa barang-barang itu ada padanya untuk diamankan.

Berbicara me­ngenai nasihat yang diberikan Ratu kepadanya, Burrell me­nga­ta­kan bahwa Ratu Inggris meng­ingatkan di­rinya agar “berha­ti-hati”. “Ratu bilang bah­wa ada kekuasaan yang bekerja di negeri ini, yang sayangnya ti­dak kita ketahui,” katanya. “Ratu mengatakan ke­pa­da sa­ya, ‘Hati-hatilah, Paul,’.”

Baca Juga: Mosaik Putri Diana (8): Citra Baru yang Glamor dan Responsif

Ketika ditanya meng­a­­pa dia mempublikasikan surat itu lebih dari enam tahun setelah kematian Diana, Burrell mengatakan bahwa surat itu “penting” untuk di­ke­tahui publik. “Saya bergulat lama, cukup keras, berpikir akan diapakan surat ini,” katanya. “Saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan. Kalau saya berikan kepada orang yang salah, bisa saja surat ini disobek. Bisa saja dihapus. Bi­sa hilang…. Saya kira ini sebuah surat yang penting. Saya pikir kini surat itu sudah jadi milik publik, dan kini kita akan memperoleh investigasi yang layak atas kematiannya.”

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Sumber: opini

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selamat Milad Maston Lingkar

Sabtu, 26 November 2022 | 13:28 WIB

Peringatan Hari Guru dalam Sastra.

Sabtu, 26 November 2022 | 09:06 WIB

Aku Berbiak di Gadgetmu.

Rabu, 23 November 2022 | 11:06 WIB

Garis-Garis Manis Made Kaek

Jumat, 18 November 2022 | 09:37 WIB

Absolutisme Kebiasaan yang Mematikan.

Sabtu, 12 November 2022 | 09:28 WIB

Sebuah Refleksi: Menelisik Film Indonesia

Minggu, 30 Oktober 2022 | 06:53 WIB

Quo Vadis DKJ dan Musyawarah Burung.

Kamis, 27 Oktober 2022 | 08:09 WIB
X