Arti Penting Festival Film.

- Rabu, 19 Oktober 2022 | 11:52 WIB
Logo FFI (Istimewa )
Logo FFI (Istimewa )

Oleh Benny Benke

JAKARTAJakarta.Suaramerdeka.com, -- Apa pentingnya festival film bagi sebuah film? Sehingga hampir semua pekerja film yang terlibat dalam maju mundurnya industri film, bersemangat menghadiri hajatan sebuah festival film tertentu, yang dianggap mampu mengangkat citra, gengsi bahkan menghidupi dengan memuliakan sebuah film.

Festival film, di manapun berada, sejatinya mewakili waktu para pembuat filmnya berkumpul di wilayah tertentu, untuk kemudian berbagi dan saling memamerkan karya mereka sepanjang tahun.

Festival film biasanya menawarkan kesempatan dan platform kepada pembuat film, untuk menunjukkan keahlian mereka dalam ketrampilan mendongeng dan membuat film luar biasa kepada dunia.

Atau dalam bahasa sederhana, sebuah festival film adalah ajang silaturahmi para pelakunya kepada sesama penggiat film. Yang terdiri dari para produser film, pekerja film, pedagang film hingga pencinta film. Ada media, atau pewarta juga tentunya di sana.

Lalu apa yang membedakan sebuah festival film, dengan festival film lainnya? Biasanya nilai kesejarahannya, siapa yang terlibat, keakbarannya, film apa yang diputar dan besaran cover media dalam meliputnya. Karena ditimbang mempunyai nilai magnetik.

Kita bisa berdebat sepanjang hari dengan semangat saling mengingatkan dalam kebaikan dan ilmu pengetahuan, ihwal festival film mana lebih baik dari festival film lainnya. Karena selera dan citarasa sangat berperan di sana.

Tapi penilaian telah menjatuhkan pilihan, jika festival film paling bergengsi di dunia, yang dikenal sebagai "Tiga Besar", dunia adalah (terdaftar secara kronologis menurut tanggal pendirian) adalah Venesial Film Festival, Cannes Film Festival dan Berlin International Film Festival.

Sedangkan Festival film paling bergengsi di Amerika Utara adalah Sundance Film Festival di Utah AS, dan Toronto Film Festival di Kanada.  Kelima nama penting festival film di atas, tentu tidak dapat dilepaskan dengan gelaran film popular Academy Awards, yang memperebutkam piala Oscar di Amerika. 

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Potensi Domba Lokal Lereng Barat Gunung Slamet

Sabtu, 4 Februari 2023 | 14:19 WIB

Menimbang Gibran di Pilgub Jateng.

Jumat, 3 Februari 2023 | 06:35 WIB

Bela Negara, Bukan Sekadar Aksi Angkat Senjata

Kamis, 2 Februari 2023 | 23:03 WIB

Bela Negara dan Persepsi Publik

Kamis, 2 Februari 2023 | 22:43 WIB

KSP: Copot 2 Menteri PKB!

Selasa, 24 Januari 2023 | 17:09 WIB

Menimbang Biaya Haji di Indonesia.

Selasa, 24 Januari 2023 | 10:24 WIB

Jabatan Itu Memabukkan, Pak Kades!

Rabu, 18 Januari 2023 | 23:25 WIB

Kades Maju Tak Gentar Demi 9 Tahun Jabatan

Selasa, 17 Januari 2023 | 02:30 WIB

Narcissus Masa Kini

Kamis, 12 Januari 2023 | 14:05 WIB

Abimanyu Wachjoewidajat : Terkait KDRT Venna Melinda

Selasa, 10 Januari 2023 | 16:48 WIB
X