Hedonisme Para Penegak Hukum: KPK, Polisi, Jaksa Sama Saja

- Kamis, 27 Oktober 2022 | 13:01 WIB
Karyudi Sutajah Putra (Dok. Pribadi)
Karyudi Sutajah Putra (Dok. Pribadi)

Oleh: Karyudi Sutajah Putra

MENTAL para penegak hukum ternyata sama saja: hedonis!

Akhirnya mereka bersikap pragmatis dan oportunis, bahkan ada yang koruptif, tidak lagi idealis, demi menunjang gaya hidup yang hedonis.

Ya, para penegak hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kepolisian RI (Polri) dan Kejaksaan Agung (Kejagung) mentalnya sama saja: suka bergaya hidup mewah!

Lihat saja. Setelah Ketua KPK Firli Bahuri kedapatan menggunakan pesawat helikopter saat pulang kampung ke Sumatera Selatan, dan oleh karena itu mendapat sanksi teguran dari sidang etik, berikutnya giliran Lili Pintauli Siregar, yang kini sudah mengundurkan diri dari jabatan Wakil Ketua KPK, bergaya hidup mewah.

Lili bersama keluarganya menginap di hotel mewah saat menonton Moto GP Mandalika beberapa waktu lalu. Ironisnya, gaya hidup mewah Lili dibiayai Pertamina melalui dugaan gratifikasi, sehingga akhirnya ia terjungkal dari kursi empuknya. Anehnya, delik pidananya tidak ditindaklanjuti dengan dalih Lili bukan insan KPK lagi.

Berikutnya adalah polisi. Hedonisme para anggota Polri terungkap seiring hebohnya kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua yang melibatkan Inspektur Jenderal Ferdy Sambo, Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri saat itu. Kepala Biro Pengamanan Internal Divpropam Polri saat itu, Brigadir Jenderal Hendra Kurniawan, diketahui menumpang pesawat jet pribadi ketika menuju rumah korban penembakan, almarhum Yosua di Jambi. Hendra juga dikenal suka gonta-ganti mobil mewah.

Tidak itu saja. Saat jumpa pers mengumumkan tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua, Direktur Kriminal Umum Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri Brigjen Andi Rian Djajadi, yang kini sudah dipromosikan menjadi Kapolda Kalimantan Selatan dengan pangkat Irjen, kedapatan mengenakan kemeja mewah berharga belasan juta rupiah.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pun langsung bereaksi. Ia melarang jajarannya mempertontonkan gaya hidup mewah di tengah situasi sulit yang sedang dihadapi masyarakat saat ini. Belakangan Kapolri mengeluarkan instruksi lagi: jangan ada pungli!

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KSP: Copot 2 Menteri PKB!

Selasa, 24 Januari 2023 | 17:09 WIB

Menimbang Biaya Haji di Indonesia.

Selasa, 24 Januari 2023 | 10:24 WIB

Jabatan Itu Memabukkan, Pak Kades!

Rabu, 18 Januari 2023 | 23:25 WIB

Kades Maju Tak Gentar Demi 9 Tahun Jabatan

Selasa, 17 Januari 2023 | 02:30 WIB

Narcissus Masa Kini

Kamis, 12 Januari 2023 | 14:05 WIB

Abimanyu Wachjoewidajat : Terkait KDRT Venna Melinda

Selasa, 10 Januari 2023 | 16:48 WIB

Heboh, Viral Muncul Mata Air Di Dekat Makam Eril

Sabtu, 7 Januari 2023 | 15:05 WIB

Indonesia dan 100 Tahun NU.

Jumat, 6 Januari 2023 | 06:06 WIB

Katimbang Nonton Bokep

Rabu, 4 Januari 2023 | 16:16 WIB

Dibuang di UU Pers, Dipunggut ke dalam KUHP

Jumat, 30 Desember 2022 | 17:13 WIB

Menyambut Brutus-Brutus PSSI

Jumat, 30 Desember 2022 | 01:17 WIB
X