Garis-Garis Manis Made Kaek

- Jumat, 18 November 2022 | 09:37 WIB
Doddi Achmad Fauji (Koleksi Pribadi DAF)
Doddi Achmad Fauji (Koleksi Pribadi DAF)

Oleh Doddi Ahmad Fauji

JAKARTA, Jakarta.Suaramerdeka.com,- Saya ingat keponakan yang masih balita, bahkan ngomong saja belum lancar, namun ketika diberikan kuas dan cat tembok, dan diminta ikut mendampingi saya menggambar dalam dinding, ia cepat beraksi. Namun, ia baru mampu menggoreskan garis. Saya tanya, itu apa? Dia jelaskan dengan bahasa terbata-bata, itu kuda. Lalu ia menggaris lagi, dan saya tanya, itu apa? Dia jelaskan, itu kucing. Baik kuda maupun kucing, hanya ada dalam imajinasinya, sebab yang tampak pada dinding, hanya goresan garis sekenanya. Imajinasi anak-anak, bisa jadi lebih kaya dari orang dewasa.

Sketsa-sketa imajinatif seperti coretan hasil anak kecil itulah yang dihasilkan oleh perupa Made Kaek asal Bali, yang ia kirimkan ke saya melalui japrian WA. Ada selusin sketsa ia kirimkan dari Kota Chiang Mai, Thailand, sehari setelah pembukaan pamerannya dihelat. Di kota terbesar kedua Negeri Gajah Putih itu, Kaek menghelat pameran lukisan di The Meeting Room Art Gallery, Thailand, pada 11 – 30 November 2022. Tema besar pameran ini terasa keren, ‘Creatures Emerge’, yang artinya kira-kira Penampakan Mahluk-mahluk.

Made Kaek (Koleksi Pribadi Made Kaek )

Selusin sketsa gubahan Kaek itu, tampak seperti hanya sekadar curat-coret garis yang meliuk-liuk, kadang bergulung-gulung, sesekali melingkar, sesekali seperti benang kusut atau rambut awut-awutan, namun darinya terbentuklah sebuah sketsa bersifat abstrak, yang tentu akan sulit jika harus mencari-cari bentuk apa sebenarnya sketsa itu. Seperti goresan hasil keponakan saya, yang digariskan sekenanya tanpa aturan, sebab yang dihasilkan adalah sekumpulan garis, namun dalam imajinasi ‘childish’, satu garis bisa melahirkan gambaran tertentu.

Bermula dari terbentuknya titik ketika alat lukis dibesutkan pada kertas atau kanvas, akan tercipta garis bila alat lukis itu ditarik. Garis akan membentuk bidang, dan bidang akan membentuk ruang, dan pada ruang itu, jika terjadi perbedaan warna tiap bidang, maka akan tercipta cahaya. Cahayalah yang menyebabkan waktu bisa ada atau diadakan. Dalam sketsa-sketsa, terasa ada ruang dan waktu berkelebatan, yang sulit ditangkap dengan utuh, sebab namanya juga sketsa.

Satu diantara banyak karya Made Kaek (Koleksi Pribadi Made Kaek )

Perbedaan warna secara gradual pada tiap garis, yang dihasilkan dari tekanan berbeda saat menggoreskan charcoal (pensil arang), seperti timbul tenggelam atau gradasi warna pinsil arang yang dibentangkan Kaek, memang hendak menggambarkan sebuah objek tertentu, yang barangkali baru akan paham bila ditanyakan kepada Kaek, apakah goresan garis itu hendak merepresentasikan benda tertentu, atau semata murni abstraks?

Meskipun hanya goresan garis-garis seperti benang kusut atau seperti rambut awut-awutan, namun ada terasa sesuatu yang bisa menegaskan, bahwa goresan garis itu terasa indah, estetik, nyeni, dan memancarkan aura hidup yang bersifat floating (mengalir), bagaikan tarian awan atau aliran air di kali yang tenang. Sesekali air itu memasuki kawasan kali yang menyempit, hingga arus air jadi beriak, dan sesekali air itu terjun dari ketinggian. Nuansa alam pada goresan garis sketsa Kaek, terasa meneduhkan bagi saya yang mengalami hidup di udik, yang dilingkung oleh gunung dan bukit, sungai Cipunagara, serta ‘cai nyusu’ (mata air) jenrih dan menyejukkan di Cimincul, nun di Kampung Pasanggarahan, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Sketsa-sketsa Kaek, layak untuk menghuni dinding di ruangan tempat saya bekerja, karena akan melahirkan imajinasi dan inspirasi, yang dapat menjadi obat saat suntuk. Salah satu kebermaknaan karya seni, terdapat pada imajinasi dan inspirasi yang diuarkannya. Salah lainnya, tentu banyak manfaat karya seni.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KSP: Copot 2 Menteri PKB!

Selasa, 24 Januari 2023 | 17:09 WIB

Menimbang Biaya Haji di Indonesia.

Selasa, 24 Januari 2023 | 10:24 WIB

Jabatan Itu Memabukkan, Pak Kades!

Rabu, 18 Januari 2023 | 23:25 WIB

Kades Maju Tak Gentar Demi 9 Tahun Jabatan

Selasa, 17 Januari 2023 | 02:30 WIB

Narcissus Masa Kini

Kamis, 12 Januari 2023 | 14:05 WIB

Abimanyu Wachjoewidajat : Terkait KDRT Venna Melinda

Selasa, 10 Januari 2023 | 16:48 WIB

Heboh, Viral Muncul Mata Air Di Dekat Makam Eril

Sabtu, 7 Januari 2023 | 15:05 WIB

Indonesia dan 100 Tahun NU.

Jumat, 6 Januari 2023 | 06:06 WIB

Katimbang Nonton Bokep

Rabu, 4 Januari 2023 | 16:16 WIB

Dibuang di UU Pers, Dipunggut ke dalam KUHP

Jumat, 30 Desember 2022 | 17:13 WIB

Menyambut Brutus-Brutus PSSI

Jumat, 30 Desember 2022 | 01:17 WIB
X