Opel Rocks-e, Mobil Listrik Mini Ini Bisa Bikin Remaja Ngiler

- Senin, 13 September 2021 | 10:42 WIB
Opel produksi mobil untuk segmen remana yang diberi nama Rocks-e
Opel produksi mobil untuk segmen remana yang diberi nama Rocks-e

JAKARTA Suaramerdeka.jakarta.com - Produsen mobil Jerman Opel baru saja mengungkapkan SUM (Sustainable Urban Mobility) pertama yang diberi label Opel Rocks-e. Ini adalah kendaraan listrik entry-level yang boleh dikendarai anak mulai usia 15 tahun dengan SIM AM, semacam SIM pelajar.

Seperti dilansir Electric Vehicle Research, Opel Rocks-e dengan dua tempat duduk ini memiliki panjang 2,41 meter, lebar 1,39 m dan berat hanya 471 kilogram (termasuk baterai traksi), yang berarti secara resmi diklasifikasikan sebagai kendaraan bermotor ringan. Meski begitu ruang di dalam kendaraan cukup luas, bahkan untuk orang dengan tinggi lebih dari 1,90 m. Selain itu, meskipun dimensinya kompak, Rocks-e menawarkan volume bagasi hingga 63 liter di ruang kaki penumpang.

Mobil ditenagai dengan baterai kendaraan SUM listrik Corsa-e yang dapat dibeli oleh hampir semua pengemudi, dari pemula muda hingga komuter perkotaan.

Dengan baterai terisi penuh mobil mini ini bisa jangkauan hingga 75 kilometer, dengan kecepatan hingga 45 km/jam. Ini membuatnya ideal untuk lalu lintas kota sehari-hari - tidak hanya untuk pengemudi muda, tetapi juga bagi mereka yang ingin bepergian bebas emisi dan tidak ingin menghabiskan waktu lama mencari tempat parkir di tempat tujuan. Roda 14 inci dan lingkaran putar hanya 7,20 m membuat Rocks-e ideal untuk kota, menguasai tikungan sempit dan pas di tempat parkir kecil.

Baterai 5,5 kWh dari Opel Rocks-e dapat diisi ulang hingga penuh dalam waktu sekitar 3,5 jam melalui soket rumah tangga standar. Tapi kalau lagi jauh dari rumah, Opel menawarkan adaptor untuk mengisi daya di stasiun pengisian umum.

Karena memang menyasar pasar remaja, Opel Rocks-e dijual lebih murah dibanding mobil kecil di Jerman. Bahkan kalau tak punya cukup uang untuk membeli, bisa menyewa atau leasing dengan biaya sewa bulanan sama dengan tiket untuk transportasi umum lokal.

Tertarik untuk memiliki ? Sayangnya Opel Rocks-e baru belum berencana memasarkannya ke Indonesia. Lagi pula belum ada regulasi terkait spesifikasi kendaraan, termasuk izin mengemudi khusus pelajar di sini. Di Jerman sendiri Rocks-e baru akan tersedia untuk dipesan secara online atau langsung di dealer Opel terpilih mulai musim gugur, sedangkan untuk pasar tambahan direncanakan akan menyusul pada 2022.***

 

 

Editor: Fauzan Jazadi

Tags

Terkini

Ini Rekomendasi Mobil Bekas Terbaik untuk 2023

Sabtu, 4 Februari 2023 | 21:32 WIB

Harga Bensin Kian Tinggi, MG 5 GT Tawarkan Solusi

Kamis, 3 November 2022 | 16:41 WIB

Peluang Meraup Cuan dari Kendaraan Listrik

Senin, 31 Oktober 2022 | 19:34 WIB

Audi Tampilkan The New Audi Q7 di GIIAS 2022

Jumat, 12 Agustus 2022 | 19:53 WIB

Mazda Kenalkan Model Terbaru Mazda 2 dan CX-8

Selasa, 26 Juli 2022 | 13:31 WIB

Penyegaran, Sigra Dibandrol Mulai Rp 129,5 juta

Selasa, 12 Juli 2022 | 10:26 WIB
X