Bukan Toyota , Inilah Pabrikan Yang Banyak Ekspor Mobil Buatan Indonesia

- Senin, 16 Januari 2023 | 13:18 WIB
Toyota menjadi pilihan masyarakat Indonesia, tetapi bukan hanya Toyota saja yang banyak diproduksi, akun Twitter @ToyotaID ((abd))
Toyota menjadi pilihan masyarakat Indonesia, tetapi bukan hanya Toyota saja yang banyak diproduksi, akun Twitter @ToyotaID ((abd))

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com - Penjualan mobil di Indonesia, yakni Toyota memang rajanya. Ya, memang penjualan mobil di Tanah Air kerap diwarnai oleh merek-merek asal negeri Sakura tersebut.  Dari keseluruhan penjualan mobil di Indonesia yakni mencapai 32,5%, diantaranya disumbang dari Toyota.

Namun berbicara tentang ekspor mobil buatan Indonesia, bukan Toyota saja yang banyak. Mengacu pada data ekspor yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), produsen terbanyak yang mengirim mobil berlabel "Made In Indonesia" ialah Daihatsu.

Sepanjang tahun 2022, Daihatsu membukukan angka ekspor sebanyak 160.254 atau 33,8% dari seluruh merek tersebut. Perlu diketahui juga, mobil-mobil yang diproduksi oleh Daihatsu diekspor dengan merek Toyota dan Mazda. Dengan demikian, wajar bila angka ekspornya menjadi yang terbanyak.

Baca Juga: Pendukung Suarakan Moeldoko Capres 2024 di Musra Surabaya

Untuk model pun cukup beragam, mengusung emblem Daihatsu ada Grand Max Mini Bus, dan juga Gran Max Pick Up. Gran max ini dikirim ketiga negara yakni Brunei Darussalam, Malaysia, hingga Jepang.

Kemudian untuk Mazda, ada Mazda Bongo Mini Bus dan Pick Up. Wujud dari Mazda Bongo ini sama persis dengan Gran Max, hanya beda emblemnya saja. Produk kendaraan komersial itu juga direbadge atas nama Toyota lewat Town Ace dan Lite Ace.

Selanjutnya mobil rebadge Toyota dari Daihatus yang diekspor ke mancanegara yakni ada Avanza, Rush, Raize, Wigo. Di bawah Daihatsu baru, ternyata ada Toyota dengan 134.954 unit. Toyota diketahui mengekspor sejumlah mobil yang dijual di Indonesia ke seluruh negara.

Baca Juga: Harga POCO F4 GT dengan Prosesor Snapdragon 8 Gen 1 Makin Menarik

Modelnya yakni ada Avanza, Fortuner, Innova, Yaris, Vios, dan Sienta. Toyota juga menjadi satu-satunya pabrikan yang mengirim mobil buatan Indonesia ke Australia lewat Fortuner. Di posisi ketiga ada Mitsubishi Motors dengan jumlah ekspor mencapai 65.743 unit.

Uniknya, angka ekspor tersebut menyentuh 60 ribuan itu disumbang oleh tiga jenis model yakni Mitsubishi Xpander, Xpander Cross, dan Nissan Livina. Memang, Nissan Livina diproduksi bersama dengan kembarannya Xpander yakni di pabrik Mitsubishi di kawasan Cikarang tersebut.

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Rekomendasi Mobil Bekas Terbaik untuk 2023

Sabtu, 4 Februari 2023 | 21:32 WIB

Harga Bensin Kian Tinggi, MG 5 GT Tawarkan Solusi

Kamis, 3 November 2022 | 16:41 WIB

Peluang Meraup Cuan dari Kendaraan Listrik

Senin, 31 Oktober 2022 | 19:34 WIB
X