Legislator: Program Magang Bersertifikat telah Berikan Manfaat bagi Mahasiswa

- Senin, 6 September 2021 | 14:20 WIB
Sofyan Tan (Suaramerdeka-jakarta/istimewa)
Sofyan Tan (Suaramerdeka-jakarta/istimewa)

 

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com- Anggota Komisi X DPR RI, Sofyan Tan menyampaikan bahwa program Magang Bersertifikat ini telah memberikan manfaat yang luar biasa bagi mahasiswa. Program ini telah membantu untuk menemukan ketertarikan sebenarnya dari mahasiswa

Ketertarikan ini juga tidak terbatas dari jurusan yang diambil. Program ini telah membantu mahasiswa untuk memiliki kompetensi lain yang berbeda dari jurusan yang diambil.
 
"Walaupun dia memilih jurusan hukum atau jurusan ekonomi, belum tentu dia sebenarnya sangat mencintai atau sangat tertarik dengan mata kuliah tersebut. Ternyata manusia itu bisa berubah. Karena itu sekitar satu setengah tahun atau semester sesungguhnya adalah waktu dimana mahasiswa tersebut mendalami sesungguhnya mana yang dia yang paling tertarik," ujarnya secara daring di Jakarta.
 
 
Karenanya, lanjut Sofyan, program Kampus Merdeka telah memberikan kemerdekaan kepada mahasiswa untuk mendapatkan ilmu seluas-luasnya tanpa harus memperhatikan latar belakang jurusan yang diambil.
 
Nantinya, ilmu yang didapatkan dapat menjadikan dirinya sebagai sumber daya manusia (SDM) berkualitas yang siap bertarung dan memberikan yang terbaik bagi dirinya dan keluarganya.
 
Seperti diketahui bahwa program Kampus Merdeka telah menjadi terobosan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mensinergikan perguruan tinggi dengan industri dan kehidupan nyata. 
 
 
Adapun esensi dari Kampus Merdeka melalui Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) adalah untuk mendekatkan semua pemangku kepentingan yaitu perguruan tinggi dengan dunia nyata termasuk dengan dunia industri, sehingga menghasilkan mahasiswa yang siap di dunia nyata setelah lulus nanti. 
 
Dengan kata lain, program ini telah membantu menghasilkan mahasiswa yang siap terjun ke dunia kerja. ***

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Februari, Pendaftaran IISMA 2023 akan Dibuka

Kamis, 26 Januari 2023 | 21:12 WIB
X