Tingkatan Kualitas Sistem Penjaminan Mutu, Inilah Dua Prinsip yang Perlu dijaga

- Jumat, 10 September 2021 | 21:01 WIB
Mendikbudristek Nadiem Makarim (Prajtna Lydiasari)
Mendikbudristek Nadiem Makarim (Prajtna Lydiasari)

 

JAKARTAsuaramerdeka-jakarta.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengatakan ada dua prinsip yang perlu dijaga dalam sistem penjaminan agar dapat mendorong peningkatan kualitas pendidikan.

Dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI pada Rabu, 8 September lalu, Mendikbudristek menyampaikan kedua prinsip tersebut adalah independensi antarfungsi yang ada dalam sistem, dan adanya partisipasi publik.

Prinsip independensi, lanjut Mendikbudristek, memerlukan pemisahan antara tiga fungsi dalam sistem penjaminan mutu. Ketiga fungsi tersebut meliputi fungsi penyusunan standar yang menjadi kriteria mutu, fungsi penyelenggaraan pendidikan yang mengacu pada standar, dan fungsi evaluasi terhadap keberhasilan penyelenggara dalam memenuhi standar.

"Tiga fungsi ini harus ada pembagian dan alokasi dari tiga pihak yang berbeda. Jika ketiga fungsi ini dilakukan oleh satu pihak yang sama, maka proses dan hasilnya tidak akan objektif," ujarnya.

Dalam sistem penjaminan mutu yang berlaku saat ini, Mendikbudristek menuturkan ada pemisahan yang jelas antara ketiga fungsi tersebut. Fungsi penyusunan standar yang menjadi kriteria mutu, katanya, dijalankan oleh Kemendikbudristek.

Sedangkan fungsi penyelenggaraan pendidikan, dijalankan oleh pemerintah daerah, masyarakat, dan perguruan tinggi. "Dan fungsi evaluasi, dijalankan oleh Badan Akreditasi Nasional dan lembaga akreditasi mandiri," tuturnya.

Mendikbudristek juga menjelaskan, dalam era reformasi birokrasi saat ini, pemerintah ingin memastikan terjadinya efisiensi dan tidak ada tumpang tindih dalam pengelolaan mutu pendidikan.

"Ini arahan langsung dari Presiden untuk melakukan reformasi birokrasi dan juga menurut kami cara terbaik untuk memastikan tidak adanya kebingungan atau tumpang tindih daripada peran-peran tersebut," jelasnya.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Kontes Bergengsi Honda Bahas Isu Lingkungan

Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:54 WIB

Uhamka Jadi Kampus Islam Terbaik di Dunia Versi 4ICU

Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:33 WIB

Solidaritas Mahasiswa Teknik Mesin Tinggi

Rabu, 3 Agustus 2022 | 15:39 WIB
X