e-Pintar, Platform Pelatihan Guru dan Kepala Sekolah Berbasis Digital

- Rabu, 15 September 2021 | 14:05 WIB
Peluncuran e-Pintar (Dok.e-Pintar)
Peluncuran e-Pintar (Dok.e-Pintar)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Selain permasalahan infrastruktur, kompetensi dan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan juga masih menjadi pekerjaan rumah yang perlu diperbaiki di sektor pendidikan.

Kualitas guru dan kepala sekolah tentunya harus terus digenjot mengingat semakin majunya dunia pendidikan teknologi sampai saat ini.

Atas dasar itu, Tanoto Foundation meluncurkan platform e-Pintar, suatu inovasi pengembangan profesi kependidikan untuk mengakomodasi kebutuhan pengembangan diri secara terus menerus bagi guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia.

Menurut CEO Global Tanoto Foundation, Dr. J. Satrijo Tanudjojo, teknologi merupakan enabler (alat bantu) yang mempunyai daya ungkit yang besar untuk bisa meningkatkan kualitas pendidikan.

Kelebihan inilah yang mendorong Tanoto Foundation dalam pemanfaatan teknologi untuk pelatihan berbasis digital berskala besar dan penyebaran praktik baik pengajaran.

“e-Pintar ditujukan untuk mendukung digitalisasi pendidikan, terutama di area pengembangan kompetensi guru. Kami percaya guru harus jago memanfaatkan teknologi untuk belajar, agar mampu mendampingi siswanya yang digital native,” ungkap Satrijo ketika membuka acara peluncuran e-Pintar.

Guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia dapat mengakses platform e-Pintar secara fleksibel, lintas waktu dan geografi. e-Pintar menyediakan ruang bagi para peserta untuk berkomunikasi dengan fasilitator dan guru-guru peserta lainnya untuk saling belajar.

Tanoto Foundation berkomitmen untuk melakukan perbaikan terus menerus atas konten e-Pintar agar tetap relevan dengan perkembangan pendidikan.

Sebagai platform pelatihan guru dan kepala sekolah berbasis digital, e-Pintar telah diujicoba pada bulan April 2021 oleh 500 guru di Indonesia, terutama yang berasal dari daerah yang belum bermitra dengan Program Pintar.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

PointStar Hadirkan Kelas Juara l

Senin, 27 September 2021 | 11:50 WIB

Live dari Bali Sandiaga Uno Hadiri Wisuda Virtual USAHID

Sabtu, 25 September 2021 | 16:24 WIB

2,8 Persen Sekolah Bukanlah Data Klaster Covid-19

Jumat, 24 September 2021 | 21:53 WIB

Tahun Ini, 308 PTS akan Lakukan Merger

Jumat, 24 September 2021 | 16:32 WIB

Siswa di Daerah PPKM Level 4 Diminta PJJ

Rabu, 22 September 2021 | 18:45 WIB

PTM Bisa Dilakukan Setelah Dinyatakan Siap

Rabu, 22 September 2021 | 18:38 WIB

Sekolah Jangan Curi Start PTM

Rabu, 22 September 2021 | 18:33 WIB
X