Mengulang Kesuksesan Sandiwara Sastra, Seri Monolog Di Tepi Sejarah Hadir di Kanal Budaya Indonesiana

- Senin, 20 September 2021 | 21:30 WIB
Foto: Prajtna Lydiasari
Foto: Prajtna Lydiasari

 JAKARTAsuaramerdeka-jakarta.com - Setelah tayang di kanal Youtube Budaya Saya pada 18 sampai dengan 25 Agustus 2021 lalu dan mendapatkan sambutan yang antusias dari masyarakat.

Kali ini, seri monolog Di Tepi Sejarah akan ditayangkan di kanal budaya milik Kementerian Pendidikan, Budaya, RIset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Indonesiana.

Seri Monolog Di Tepi Sejarah mengulang kesuksesan Sandiwara Sastra yang gemilang, merupakan sebuah seri monolog hasil kolaborasi terbaru Kemendikbudristek, Titimangsa Foundation dan kawan-kawan media.

"Seri monolog ini sangat sesuai dengan upaya kita yang sejalan dengan UU Pemajuan Kebudayaan," ujar Direktur Perfilman, Musik dan Media Baru Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra, dalam taklimat budaya secara daring di Jakarta, Senin 20 September 2021.

Seri monolog ini menceritakan tentang tokoh-tokoh yang ada di tepian sejarah, mereka yang mungkin tak pernah disebut namanya dan tak begitu disadari kehadirannya dalam narasi besar sejarah bangsa Indonesia.

"Meski begitu, justru mereka seringkali adalah orang-orang yang berada di pusaran sejarah utama dan menjadi saksi peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di Indonesia. Apa yang mereka pikirkan, rasakan, dan yang telah mereka alami diharapkan dapat menjadi jalan bagi kita untuk lebih memaknai arti kemerdekaan bangsa Indonesia yang pada tahun ini telah memasuki tahun ke-76," tuturnya.

Seri Monolog Di Tepi Sejarah ini diprakarsai oleh Happy Salma dan Yulia Evina Bhara selaku Produser dari Titimangsa Foundation dan kawan-kawan media. Pentas ini juga merupakan kerja sama dengan Direktorat Perfilman, Musik dan Media Baru Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Pementasan ini bisa diakses melalui kanal Indonesiana. Kanal ini dapat diakses melalui siaran televisi jaringan Indihome saluran 200 (SD) dan 916 (HD) atau laman https://www.useetv.com/livetv/indonesiana atau indonesiana.tv.

Kanal Indonesiana merupakan kanal media khusus budaya yang di inisiasi oleh Kemendikbudristek. Kanal media ini bertujuan untuk mewadahi, mengintegrasikan, serta mempromosikan karya dan ekspresi budaya masyarakat Indonesia.

Alasan lain Kemendikbudristek menghadirkan kanal Indonesiana karena belum adanya media resmi dari Indonesia yang menjadi wadah diplomasi budaya secara internasional.

Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid mengungkapkan dengan mementaskan di kanal Indonesiana setelah tayang di kanal Youtube Budaya Saya.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Inilah Para Jawara Kompetisi Robotik Madrasah 2021

Senin, 18 Oktober 2021 | 04:37 WIB

UNS Tempati Posisi Tertinggi IKU PTN

Jumat, 15 Oktober 2021 | 20:47 WIB

Penutupan Acara Setara

Jumat, 15 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Selamat, 8.053 Guru Mulai Jalani Pendidikan

Kamis, 14 Oktober 2021 | 21:11 WIB

Jumlah Penutur Bahasa Kaili Sudah Menurun

Kamis, 14 Oktober 2021 | 11:00 WIB

Dihadiri Wakil Ketua MPR FIS UNJ Gelar Temu Pakar

Senin, 11 Oktober 2021 | 09:43 WIB
X