PTM Bisa Dilakukan Setelah Dinyatakan Siap

- Rabu, 22 September 2021 | 18:38 WIB
Kegiatan PTM. (foto: jatengprov.go.id)
Kegiatan PTM. (foto: jatengprov.go.id)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com– Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan, satuan pendidikan baru bisa memulai pembelajaran tatap muka (PTM) setelah memenuhi daftar periksa dan merasa siap.

PTM di sekolah juga harus melaksanakan masa transisi atau masa kebiasaan baru, setelah mendapat asesmen dari instansi terkait dan dinyatakan siap.

“Jadi tidak bisa asal membuka sekolah. Sekolah harus mengikuti pedoman dari SKB Empat Menteri, meski telah lolos asesmen,” katanya dalam keterangan persnya, Rabu, 22 September 2021.
 
 
Yakni mulai dari pembatasan peserta, jam belajar di sekolah, hingga penerapan protokol kesehatan yang ketat di lingkungan sekolah. Termasuk memperhatikan kondisi kelas, sanitasi dan pengaturan jarak siswa.
 
Semua harus sesuai ketentuan dan akan lebih baik jika pihak sekolah melakukan tahap-tahap tambahan. Hal tersebut untuk memastikan keamanan dan keselamatan peserta didik.
 
Dirinya juga mengapresiasi langkah Pemeritah Kota Blora (Jawa Tengah), yang melakukan screening dengan mewajibkan tes bagi peserta didik. Sehingga bisa diketahui adanya siswa yang positif Corona sebelum PTM diberlakukan.
 
 
“Dengan begitu, ada langkah-langkah yang bisa dilakukan. Termasuk juga Pemerintah Kabupaten Bantul (Daerah Istimewa Yogyakarta), yang memutuskan menunda PTM karena belum memenuhi syarat dari Pemerintah Provinsi DIY,” ucapnya.
 
Sebab, pemprov menyaratkan capaian vaksinasi kepada siswa maksimal 80 persen jika hendak menggelar PTM. PTM sendiri dapat dilakukan pada satuan pendidikan di wilayah PPKM level 1-3. ***

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Inilah Tiga Evaluasi P2G Seminggu PTM 100 Persen

Kamis, 13 Januari 2022 | 21:38 WIB

Inilah Para Jawara Kompetisi Robotik Madrasah 2021

Senin, 18 Oktober 2021 | 04:37 WIB

Siswa di Daerah PPKM Level 4 Diminta PJJ

Rabu, 22 September 2021 | 18:45 WIB

PTM Bisa Dilakukan Setelah Dinyatakan Siap

Rabu, 22 September 2021 | 18:38 WIB
X