UNS Tempati Posisi Tertinggi IKU PTN

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 20:47 WIB
Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), Prof. Jamal Wiwoho (Suaramerdeka/Prajtna Lydiasari)
Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), Prof. Jamal Wiwoho (Suaramerdeka/Prajtna Lydiasari)

SURAKARTAsuaramerdeka-jakarta.com - Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), Prof. Jamal Wiwoho mengatakan Indikator Kinerja Utama (IKU) adalah ukuran atau indikator kinerja suatu instansi, utamanya dalam mencapai tujuan dan sasaran tertentu.

Setiap lembaga atau instansi pemerintah wajib merumuskan IKU dan menjadikan hal itu sebagai prioritas utama.

"Dengan merumuskan IKU, instansi pemerintah bisa mengetahui kinerja mereka selama ini. Selain itu, IKU juga dapat meningkatkan kinerja mereka untuk ke depannya. Sehingga mereka pun bisa meraih tujuan, sasaran, dan rencana yang telah ditentukan sebelumnya," ujar Prof. Jamal melalui keterangan tertulis, Jumat, 15 Oktober 2021.

Baca Juga: Aksi Nyata Pemerintah dan Swasta Mendukung Program Cuci Tangan Pakai Sabun

Dalam Salinan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia (RI) Nomor 135/E/KPT/2021 tentang Penghargaan Capaian IKU PTN di Lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Tahun 2020/2021, UNS menempati posisi tinggi, yakni 10 persen dengan poin pencapaian 80 dan memperoleh poin pertumbuhan 774.

Terdapat delapan IKU yang menjadi landasan transformasi perguruan tinggi.

Yaitu pertama, lulusan mendapat pekerjaan yang layak, kedua mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus, ketiga dosen berkegiatan di luar kampus, keempat praktisi mengajar di dalam kampus.

Baca Juga: Selebgram Kabur dari Karantina, Profesor Zubairi: Jangan Merasa Punya Privilese!

Kelima, hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat atau mendapat rekognisi Internasional, keenam program studi bekerja sama dengan mitra kelas dunia, ketujuh kelas yang kolaboratif dan partisipatif dan kedelapan program studi berstandar internasional.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Uhamka Jadi Kampus Islam Terbaik di Dunia Versi 4ICU

Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:33 WIB
X