SEMILOKA NASIONAL KEPUSTAKAWANAN INDONESIA KE-VI TAHUN 2021 “Information Specialists as Leaders in the Next Ge

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:24 WIB

 

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com- Di era pandemi, perpustakaan diminta untuk melakukan penyesuaian dengan cepat. Jam buka serta konsep layanan perpustakaan harus disesuaikan dengan kebijakan yang diberlakukan pemerintah. Perpustakaan pernah berada di era Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang memaksa perpustakaan untuk tidak membuka perpustakaan secara luring, dan harus memberikan layanan secara daring sehingga hanya staf dengan tugas esensial atau strategis yang diperkenankan datang ke perpustakaan.
Kondisi ini tentu menuntut respon yang cepat dari pimpinan perpustakaan dan pustakawan.

 

Baca Juga: Timnas Indonesia vs Nepal: Pemain Siap Tempur

 

Pimpinan perpustakaan harus memiliki kemampuan manajemen perubahan yang baik sehingga mampu eksis di tengah kondisi yang berubah dengan cepat. Pimpinan perpustakaan dan pustakawan harus memiliki kemampuan penyesuaian yang baik, mengambil keputusan secara cepat dan tepat, membentuk tim kerja dan menghadapi berbagai kompleksitas di perpustakaan.

 

Pustakawan juga dituntut untuk mampu menyesuaikan diri dengan pola kerja yang berubah dengan cepat. Berbagai kompetensi tersebut merupakan bagian dari kepemimpinan yang harus dimiliki Kepala Perpustakaan/ Pengelola Perpustakaan/ dan Pustakawan di era yang berubah dengan cepat ini

. Demikian paparan Ketua Penyelenggara Semiloka Ibu Novy Diana Fauzi, M.A. Rangkaian Semiloka diselenggarakan tanggal 12 dan 14 Oktober 2021, tambah Ibu Novy.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) bekerjasama dengan, Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (ISIPII), Pengurus FPPTI Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta serta Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan Semiloka Nasional Kepustakawanan Indonesia ke-6, Tahun 2021 dengan tema “Information Specialist as Leaders in the Next Generation Society”.

 

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mendidik dan Membentuk Karakter Jadi Tugas Utama Guru

Sabtu, 27 November 2021 | 10:18 WIB

26 UMKM Berpartisipasi dalam Gernas BBI

Sabtu, 27 November 2021 | 07:15 WIB

Ketika Kisah Nabi Disampaikan dengan Nuansa Jenaka

Jumat, 26 November 2021 | 13:02 WIB
X