November, Pameran Artificial Intelligence Innovation Summit Siap di Gelar

- Senin, 25 Oktober 2021 | 13:12 WIB
Foto Humas BRIN
Foto Humas BRIN

JAKARTAsuaramerdeka-jakarta.com - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Organisasi Riset Pengkajian dan Penerapan Teknologi (OR PPT) bersama Kolaborasi Riset dan Inovasi Kecerdasan Artifisial (KORIKA) siap menggelar Artificial Intelligence Innovation Summit (AIIS 2021) secara virtual pada 10-13 November 2021.

AIIS 2021 merupakan kegiatan konferensi dan pameran yang menampilkan perkembangan terkini dan pemanfaatan teknologi kecerdasan artifisial (artificial intelligence) di Indonesia.

"BRIN mendukung percepatan penguasaan AI untuk pemanfaatan di berbagai sektor strategis. Teknologi Artificial Intelligence akan digunakan dalam mendukung sektor-sektor strategis seperti pertanian, efisiensi energi, keamanan siber dan industri kreatif," ujar Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko di Jakarta, Senin 25 Oktober 2021.

Baca Juga: Netizen Minta Menteri Agama Yaqut Dipecat, Jadi Trending Topik di Media Sosial

Selain itu, AIIS 2021 juga menjadi ajang unjuk kemampuan komponen bangsa Indonesia pada masyarakat global dalam mengembangkan teknologi kecerdasan artifisial serta menunjukan berbagai produk Inovasi di bidang kecerdasan artifisial di Indonesia.

"Perhelatan akbar di bidang kecerdasan artifisial ini digelar menyusul kesuksesan Artificial Intelligence Summit 2020 (AIS 2020)," katanya.

Handoko menyebutkan bahwa Indonesia telah memiliki Strategi Nasional (Stranas) Kecerdasan Artifisial 2020-2045 yang menjadi tonggak penerapan teknologi kecerdasan artifisal di Indonesia.

Baca Juga: Hengkang Dari Madrid, Marcelo Mudik Ke Fluminense?

"Stranas Kecerdasan Artifisial merupakan upaya Indonesia untuk lebih mengoptimalkan pemanfaatan teknologi terkini, khususnya AI, untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas di berbagai sektor," tukasnya.

Capaian penguasaan dan pemanfaatan teknologi AI ini akan ditampilkan dalam AIIS 2021 yang didukung oleh KORIKA yang merupakan organisasi orkestrator yang berbentuk perkumpulan untuk mendorong terciptanya ekosistem untuk menumbuhkan inovasi di bidang kecerdasan artifisial.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mendidik dan Membentuk Karakter Jadi Tugas Utama Guru

Sabtu, 27 November 2021 | 10:18 WIB

26 UMKM Berpartisipasi dalam Gernas BBI

Sabtu, 27 November 2021 | 07:15 WIB

Ketika Kisah Nabi Disampaikan dengan Nuansa Jenaka

Jumat, 26 November 2021 | 13:02 WIB
X