Cetak Talenta Digital Nasional Melalui Program TeSCA

- Selasa, 16 November 2021 | 11:19 WIB
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Nizam saat Launching Ceremony kerja sama antara Ditjen Diktiristek dengan PT Telkom Indonesia untuk Program TeSCA 2021 pada Senin (15/11). (Suaramerdeka/Prajtna Lydiasari)
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Nizam saat Launching Ceremony kerja sama antara Ditjen Diktiristek dengan PT Telkom Indonesia untuk Program TeSCA 2021 pada Senin (15/11). (Suaramerdeka/Prajtna Lydiasari)

JAKARTAsuaramerdeka-jakarta.com - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) melakukan kolaborasi dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk untuk mencetak talenta digital nasional melalui program Telkom Smart Campus Award (TeSCA) Tahun 2021.

Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Nizam menjelaskan bahwa TeSCA 2021 sangat penting dalam upaya mendorong ekosistem transformasi teknologi di lingkungan perguruan tinggi.

"TeSCA 2021 akan menjadi sarana akselerasi dan penguatan pemanfaatan teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi di lingkungan perguruan tinggi," jelasnya saat Launching Ceremony kerja sama antara Ditjen Diktiristek dengan PT Telkom Indonesia untuk Program TeSCA 2021 pada Senin, 15 November 2021.

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Resep Tradisional Keluarga dari Preservasi Budaya Indonesia

Hal ini akan mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta peningkatan kualitas pelayanan di lingkungan perguruan tinggi. Ia pun berharap bahwa perguruan tinggi mampu menjadi bagian dalam penciptaan teknologi.

"Transformasi teknologi bukan hanya wacana tapi harus betul-betul dilakukan. Kemajuan teknologi harus kita manfaatkan untuk kemajuan Iptek. Jangan hanya sekedar sebagai pengguna tapi mampu menjadi bagian dalam penciptaan teknologi," tegasnya.

Nizam mengungkapkan bahwa dalam pembangunan ekosistem digital diperlukan pengembangan bidang teknologi pembelajaran yang dapat diakses dan terjangkau. Untuk itu, Nizam menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergi antara industri dan perguruan tinggi.

Baca Juga: Hasil Indonesia Masters 2021: Ganda Campuran Malaysia Menang Tanpa Keluar Banyak Keringat

Untuk memfasilitasi hal tersebut, Nizam menjelaskan bahwa Ditjen Diktiristek telah menyiapkan platform Kedaireka sebagai penghubung sinergi dan kolaborasi perguruan tinggi dengan industri.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Citra Jadi Ikhtiar Tanamkan Cinta Nusantara

Jumat, 30 September 2022 | 10:32 WIB

Merajut Asa Pendidikan di Indonesia Timur

Senin, 26 September 2022 | 15:04 WIB

359 Pelajar Ikuti Kompetisi Roket Air Regional 2022

Minggu, 25 September 2022 | 19:06 WIB
X