Resmi Dibuka, Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri diikuti 125 PTN

- Selasa, 4 Januari 2022 | 20:34 WIB
Ketua LTMPT, Mochamad Ashari bersama Plt. Dirjen Diktiristek, Nizam dan Dirjen Diksi, Wikan Sakarinto dalam jumpa pers di Gedung D Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Jakarta, Selasa 4 Januari 2022. (Suaramerdeka/Prajtna Lydiasari)
Ketua LTMPT, Mochamad Ashari bersama Plt. Dirjen Diktiristek, Nizam dan Dirjen Diksi, Wikan Sakarinto dalam jumpa pers di Gedung D Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Jakarta, Selasa 4 Januari 2022. (Suaramerdeka/Prajtna Lydiasari)

JAKARTA, suaramerdeka-Jakarta.com - Pembukaan Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri 2022, resmi dibuka pada Selasa, 4 Januari 2022.

Seleksi penerimaan mahasiswa baru tersebut dilaksanakan melalui tiga jalur, yakni jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur Mandiri.

Pada penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN diikuti 125 PTN dengan mekanisme penerimaan mahasiswa baru (PMB) di 75 perguruan tinggi negeri (PTN) akademik jenjang Sarjana dan D4, 11 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan 39 PTN Vokasi (Politeknik Negeri) melalui jalur SNMPTN.

Hari ini, sekolah sudah bisa mulai mengisi data siswanya ke Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Untuk jalur SNMPTN sudah bisa dimulai oleh sekolah dengan mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) melalui laman portal.ltmpt.ac.id mulai hari ini.

Baca Juga: Satgas Madago Kontak Tembak dengan Teroris Poso, 1 DPO Tewas

Di mana, registrasi akun LTMPT bagi sekolah dimulai pada 4 Januari 2022, namun sebelumnya, sekolah dipastikan harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Naisonal (NPSN). Dengan ketentuan akreditasi A diberikan kuota sebesar 40 persen, lalu B sebesar 25 persen dan akreditasi C hanya 5 persen. Sedangkan registrasi akun LTMPT bagi siswa dimulai pada 10 Januari sampai 15 Februari 2022.

"Untuk siswa itu baru bisa membuat akun 10 Januari-15 Februari. Soalnya itu bisa sampai 2,4 juta pada saat itu baru dibuka, ini rawan terjadi kemacetan di IT sehingga kita geser, untuk sekolah dulu, baru siswa buat akun. Nanti siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dia mau mengambil jurusan apa," ujar Ketua LTMPT, Mochamad Ashari dalam jumpa pers di Gedung D Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Jakarta, Selasa 4 Januari 2022.

Ashari menjelaskan bahwa batas akhir registrasi akun bagi sekolah dan siswa sama, yaitu 15 Februari 2022. SNMPTN merupakan seleksi berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi Iainnya yang ditetapkan oleh PTN dengan biaya subsidi penuh pemerintah.

"Hari ini, dimulai penerimaan mahasiswa baru 2022 karena hari ini dimulai PDSS oleh sekolah. Jadi, tanggal 4-15 Januari, kami persilahkan sekolah untuk membuka akun dan mengisi PDSS," jelasnya.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X