Kemendikbudristek Lakukan Transformasi di Perguruan Tinggi melalui Kampus Merdeka

- Senin, 17 Januari 2022 | 21:55 WIB
Plt. Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek, Nizam (Humas Ditjen Diktiristek)
Plt. Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek, Nizam (Humas Ditjen Diktiristek)

 

JAKARTAsuaramerdeka-jakarta.com - Melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Dirjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Nizam menyampaikan bahwa Kemendikbudristek saat ini sedang melakukan transformasi di bidang pendidikan tinggi dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul untuk Indonesia yang maju.

"Ketika saya bertanya kepada mahasiswa yang mengikuti magang, apakah Merdeka Belajar ini bermanfaat bagi kalian? Jawabannya, selama ini saya hanya belajar dari buku Pak. Sekarang saya merasakan betul bagaimana tantangannya, bagaimana prakteknya, dan apa yang ada di lapangan itu, jauh dari apa yang ada di buku. Itu banyak sekali kekayaan ilmu yang tidak didapatkan di dalam kelas," ujarnya.

Oleh karena itu, ia mengapresiasi kepada para pimpinan perguruan tinggi baik itu negeri maupun swasta yang telah melaksanakan program MBKM.

"Saya berikan apresiasi kepada seluruh pimpinan perguruan tinggi yang mendukung dan mengantarkan anak-anak kita menemukan masa depannya melalui program MBKM," ungkapnya.

Baca Juga: Tiga Menteri Jokowi Bersama PDIP Berdiskusi Ramu Strategi Tingkatkan Daya Saing Petani Kopi Indonesia

Nizam juga menyampaikan apresiasi kepada mitra industri yang telah bekerja sama dengan perguruan tinggi untuk bersama-sama menjalankan program MBKM.

"Saya juga ucapkan apresiasi kepada seluruh mitra industri kita yang telah membuka pintu lebar-lebar untuk para mahasiswa dibimbing dengan sangat luar biasa sekali, dengan sangat dahsyat sekali, berbagai praktik langsung di lakukan oleh adik-adik mahasiswa ini," tuturnya.

Pada acara Anugerah Diktiristek 2021 yang diselenggarakan di Gedung D Kemendikbudristek, Kamis (13/1) lalu, Nizam berharap dukungan dari seluruh pimpinan perguruan tinggi untuk menjalankan program-program yang ada pada program Kampus Merdeka.

"Mohon dukungan dari seluruh pimpinan perguruan tinggi untuk merelakan para mahasiswa ini menemukan masa depannya, melepas mereka terbang bebas menemukan hari esoknya, menemukan dunia baru yang menjadi dunia mereka," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gandeng IKCS, President University Gelar Korea Edufair

Selasa, 8 November 2022 | 19:18 WIB
X