Peneliti Sarankan Kemendikbudristek Terus Konsisten Tingkatkan Kapasitas Guru

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 11:00 WIB
Peneliti Senior Direktur Riset Indikator Politik Indonesia, Adam Kamil dalam Webinar Silaturahmi Merdeka Belajar secara daring, Kamis (20/1) (Humas BKHumas Kemendikbudristek)
Peneliti Senior Direktur Riset Indikator Politik Indonesia, Adam Kamil dalam Webinar Silaturahmi Merdeka Belajar secara daring, Kamis (20/1) (Humas BKHumas Kemendikbudristek)

 

JAKARTAsuaramerdeka-jakarta.com - Peneliti Senior Direktur Riset Indikator Politik Indonesia, Adam Kamil menyarankan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus konsisten meningkatkan kapasitas guru, berhubung antusiasme guru besar.

"Kombinasi program-program ini sudah cukup komplet dan harus terus dijaga mutunya, sehingga ketersediaan guru yang cepat beradaptasi terhadap perubahan juga tetap terjaga," saran Adam dalam Webinar Silaturahmi Merdeka Belajar secara daring, Kamis 20 Januari 2022.

Adam menerangkan bahwa survei menemukan para responden merasakan beragam manfaat program baik bagi individu guru dan sekolah, serta efektif meningkatkan kapasitas kepemimpinan. Selain itu, aspek administrasi dan sistem informasi Program Guru Penggerak (PGP) secara umum dinilai sudah baik.

Baca Juga: Pemprov Diminta Punya Pemahaman Bersama Soal Pengendalian Perubahan Iklim

"Hampir semua setuju atau sangat setuju bahwa informasi tentang Guru Penggerak mudah diperoleh dan dipahami, sistem pendaftaran dan seleksi mudah dilakukan, persyaratan bagi pendaftar mengakomodasi minat pendaftar, dan durasi pendidikan sudah sesuai," terangnya.

Platform Guru Belajar dan Berbagi juga dinilai sangat bermanfaat dan memudahkan kolaborasi menggelar pembelajaran. Sebanyak 68,5 persen responden sangat setuju dan 31,4 persen setuju PGP berhasil meningkatkan kemampuan guru berinovasi.

Sebanyak 68,3 persen sangat setuju dan 31,5 persen responden setuju Guru Penggerak berdampak baik bagi diri pribadi, murid, dan sekolah. Kemudian 61,4 persen responden setuju dan 38,1 persen sangat setuju bahwa PGP sukses menghasilkan pemimpin pembelajaran yang berpola pikir Merdeka Belajar dan berpihak pada murid.

Baca Juga: Mahasiswa Kalbis Institute Torehkan Prestasi Ajang Business Plan di Malaysia

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Merajut Asa Pendidikan di Indonesia Timur

Senin, 26 September 2022 | 15:04 WIB

359 Pelajar Ikuti Kompetisi Roket Air Regional 2022

Minggu, 25 September 2022 | 19:06 WIB
X