Prodi Teknologi Pulp dan Kertas UNRI, Peluang bagi Generasi Muda di Masa Datang

- Rabu, 26 Januari 2022 | 20:43 WIB
Dok Tanoto
Dok Tanoto

PEKANBARUsuaramerdeka-jakarta.com - Di Indonesia, industri pulp dan kertas telah berjalan secara berkelanjutan dengan selalu memperhatikan aspek sosial dan lingkungan.

Sementara di sisi lain, industri ini terus mengadopsi teknologi terbaru guna bisa menghasilkan produk melalui proses yang jauh lebih efektif dan efisien.

Sejauh ini belum ada program studi (prodi) yang khusus fokus pada industri pulp dan kertas sehingga tidak ada lulusan dari perguruan tinggi yang benar-benar memenuhi kebutuhan industri ini.

Bahkan, Riau salah satu provinsi penghasil kertas terbesar di Indonesia, tidak memiliki institusi pendidikan formal yang fokus kepada industri pulp dan kertas.

Baca Juga: Untuk Membendung Pekerja Ilegal Indonesia di Malaysia Diterapkan One Channel System

Dalam rangka memfasilitasi hal tersebut, pada tahun 2018, Tanoto Foundation berkolaborasi dengan Universitas Riau (UNRI) dan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) membangun prodi D3 Teknologi Pulp dan Kertas.

Program studi dibuka untuk mencetak para lulusan siap kerja di bidang pulp dan kertas guna memenuhi kebutuhan industri yang semakin berkembang. Tahun 2021 menjadi tahun pertama program studi tersebut mencetak lulusan, yaitu sebanyak 46 mahasiswa, sejak dibuka pada tahun 2018.

Rektor Universitas Riau, Aras Mulyadi menyampaikan peluncuran booklet ini menjadi memori bagi para alumni dari prodi D3 Teknologi Pulp dan Kertas. Hal ini menunjukkan bahwa prodi tersebut memang telah mampu menjawab kebutuhan industri pulp dan kertas di Indonesia, terutama bagi penerus bangsa.

Baca Juga: Jelang Hadapi Arab Saudi dan Yordania, Timnas Basket Gelar TC di Yogyakarta

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X