Ditjen Diktiristek dan NVIDIA Jalin Kerja Sama Bidang Artificial Intelligence

- Kamis, 27 Januari 2022 | 21:00 WIB
Plt. Dirjen Diktiristek, Nizam dan Keith Strier selaku Vice President for Worldwide AI Initiatives NVIDIA dalam Memorandum of Agreement (MoA) yang ditandatangani oleh kedua belah pihak melalui seremoni secara virtual pada Rabu, 26 Januari 2022. (SM/Prajtna Lydiasari)
Plt. Dirjen Diktiristek, Nizam dan Keith Strier selaku Vice President for Worldwide AI Initiatives NVIDIA dalam Memorandum of Agreement (MoA) yang ditandatangani oleh kedua belah pihak melalui seremoni secara virtual pada Rabu, 26 Januari 2022. (SM/Prajtna Lydiasari)

JAKARTAsuaramerdeka-jakarta.com - Untuk mengembangkan talenta digital Indonesia di bidang kecerdasan artifisial atau Artificial Intelligence (AI), Direktorat Jenderal Pendidikan, Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) menjalin kerja sama dengan NVIDIA Corporation.

Kerja sama ini merupakan upaya yang dilakukan Ditjen Diktiristek untuk mengakselerasi pertumbuhan talenta AI di Indonesia.

Adapun lingkup dari kerja sama ini meliputi peningkatan kompetensi sumber daya manusia di perguruan tinggi Indonesia melalui berbagai aktivitas seperti pelatihan keterampilan AI bagi dosen dan mahasiswa, pengembangan kurikulum AI di perguruan tinggi, penerjemahan lokakarya dan diskusi penelitian, serta pengembangan dan dukungan ekosistem startup AI.

Baca Juga: Setahun Kapolri: Setapak Perubahan Wujudkan Polri yang Presisi

Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nizam mengatakan Ditjen Diktiristek berkomitmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pendidikan tinggi khususnya di bidang teknologi digital.

Hal ini sejalan dengan arahan dari Presiden Joko Widodo untuk menyiapkan jutaan talenta digital Indonesia untuk merespon transformasi digital.

"Penting bagi kita untuk memastikan generasi muda kita mampu menghadapi era revolusi industri 4.0 ini, terutama dengan kompetensi AI, machine learning, deep learning, dan bidang lain yang dibutuhkan industri ini," kata Nizam dalam Memorandum of Agreement (MoA) yang ditandatangani oleh kedua belah pihak melalui seremoni secara virtual pada Rabu, 26 Januari 2022.

Baca Juga: Ketua DK LPS: Relaksasi Keterlambatan Premi agar Perbankan Leluasa Mengelola Likuiditasnya

Nizam pun menyampaikan apresiasi kepada NVIDIA sebagai perusahaan pionir teknologi AI yang telah mendukung pengembangan AI pada pendidikan tinggi Indonesia. Sebelumnya, NVIDIA juga telah menyediakan dukungan infrastuktur berupa teknologi super komputer sebesar 25 petaFLOPS untuk pengembangan fasilitas DIKTI AI Centre.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Citra Jadi Ikhtiar Tanamkan Cinta Nusantara

Jumat, 30 September 2022 | 10:32 WIB

Merajut Asa Pendidikan di Indonesia Timur

Senin, 26 September 2022 | 15:04 WIB

359 Pelajar Ikuti Kompetisi Roket Air Regional 2022

Minggu, 25 September 2022 | 19:06 WIB
X