Kerja Sama Ditjen Diktiristek dan PT INKA dilakukan Melalui Skema Kedaireka Kampus Merdeka

- Selasa, 1 Maret 2022 | 22:02 WIB
Perjanjian Kerja Sama Ditjen Diktiristek bersama PT INKA secara virtual di Jakarta pada Selasa, 1 Maret 2022 (Prajtna Lydiasari)
Perjanjian Kerja Sama Ditjen Diktiristek bersama PT INKA secara virtual di Jakarta pada Selasa, 1 Maret 2022 (Prajtna Lydiasari)

JAKARTAsuaramerdeka-jakarta.com - Ketua Tim Percepatan Bus Listrik G20, Edi Winarno menuturkan bahwa untuk membangun ekosistem kendaraan listrik, diperlukan kerja sama yang baik antara lembaga pembiayaan, industri, dan institusi.

Dalam implementasinya, kerja sama antara Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) dengan PT INKA akan dilakukan melalui skema Kedaireka Kampus Merdeka.

Melalui skema ini, telah dibentuk Tim Nasional Pengembangan Bus Listrik Merah Putih yang sudah menggaet empat perguruan tinggi di Indonesia seperti UGM, ITS, UNAIR dan ISI Denpasar.

Baca Juga: LSP Baznas Dapat Perpanjangan Lisensi dari BNSP

"Dalam kerja sama ini, riset komponen yang akan dilakukan dengan perguruan tinggi di Indonesia yakni Vehicle control unit, Smart Display, Motor Listrik, Motor Controller, Battery Pack, dan Air Conditioner," tutur Edi dalam penandatanganan Perjanjian Kerja Sama secara virtual di Jakarta pada Selasa, 1 Maret 2022.

Sebagai implementasi kerja sama dalam program magang bersertifikat, PT INKA dan Ditjen Diktiristek akan membuka kesempatan bagi 50 mahasiswa dalam 2 batch. Pada periode pertama dilaksanakan pada Februari-Juli 2022, dan periode kedua pada Juli-Oktober 2022.

"Pembukaan pendaftaran akan dilakukan melalui platform Kampus Merdeka," pungkasnya.

Baca Juga: Ditjen Diktiristek Gandeng Mitra Industri dalam Kembangkan Riset dan Inovasi Kendaraan Listrik

Sementara Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris Ditjen Diktiristek, Tjitjik Srie Tjahjandari pun turut menyampaikan bahwa kerja sama ini dapat meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di dunia perguruan tinggi untuk melakukan riset dan inovasi kendaraan listrik.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

359 Pelajar Ikuti Kompetisi Roket Air Regional 2022

Minggu, 25 September 2022 | 19:06 WIB

Program Sekolah Swasta Gratis Diharap Terus Berjalan

Minggu, 18 September 2022 | 20:31 WIB
X