Ikafeb Usakti Perkuat Program Magang Untuk Mahasiswa

- Sabtu, 19 Maret 2022 | 21:15 WIB
Musyawarah Besar Ikafeb Usakti
Musyawarah Besar Ikafeb Usakti

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti (Ikafeb Usakti) menggelar musyawarah besar (mubes) untuk mencari ketua baru pada Sabtu (19/3). Mohammad Arief Pahlevi Pangerang terpilih untuk memimpin Ikafeb Usakti periode 2022-2026.

Dikatakan Levi, di masa kepengurusannya pihaknya akan fokus pada dua program, yakni akademik dan non-akademik. Untuk bidang akademik, pihaknya akan menguatkan program magang bagi mahasiswa.

"Ada yang memberikan aspirasi program magang, kerja sama antara kampus dan alumni. Jadi teman-teman (mahasiswa) yang mau selesai, kemudian ada alumni yang punya perusahaan, kita fasilitasi (untuk magang), ujar Levi disela-sela Mubes Ikafeb Usakti di Jakarta.

Menurutnya, para alumni tetap memiliki tanggung jawab untuk menjaga nama baik almamater. Salah satunya untuk menjaga akreditasi kampus yang dapat dilihat dari parameter jumlah mahasiswa.

"Ini menjadi tantangan bagi Trisakti secara keseluruhan. Jangan sampai tidak ada kerja sama antara kampus dengan para alumni," ungkapnya.

Di bidang non-akademis, pihaknya memiliki tanggung jawab untuk menjalankan organisasi alumni. Apalagi menurut data base yang ada, sambung dia, ada sekitar 40 ribu alumni dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Usakti. Dengan jumlab itu, menurutnya, bisa menjadi sebuah kekuatan investasi.

Salah satu yang ingin dikembangkan di antara alumni adalah jaring bisnis koperasi. "Secara ekonomi menurut saya yang paling menarik adalah koperasi. Jadi kita harus punya kendaraan yang harus dimiliki semua potensi alumni," ungkapnya.

Dia menjelaskan, meski dianggao kuno namun sejatinya koperasi menjadi sebuah kegiatan ekonomi yang paling idel di Indonesia. Yang menjadi tantangan, kata dia, banyak yang memahami secara utuh tentang koperasi itu sendiri sebagai entitas ekonomi.

"Saya tertantang bagaimana koperasi ini menjadi besar. Tinggal bagaimanan kita berikan penjelasan, karena koperasi itu sebenarnya bukan entitas sosial tapi entitas usaha," jelas Levi.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Citra Jadi Ikhtiar Tanamkan Cinta Nusantara

Jumat, 30 September 2022 | 10:32 WIB

Merajut Asa Pendidikan di Indonesia Timur

Senin, 26 September 2022 | 15:04 WIB

359 Pelajar Ikuti Kompetisi Roket Air Regional 2022

Minggu, 25 September 2022 | 19:06 WIB
X