Keberadaan Guru Besar Jadi Agent of Change bagi Perguruan Tinggi

- Jumat, 8 April 2022 | 18:59 WIB
Kegiatan Silaturahmi dan Diskusi Kepala LLDikti Wilayah III bersama Para Dosen PNS yang ditugaskan (SM/Dok)
Kegiatan Silaturahmi dan Diskusi Kepala LLDikti Wilayah III bersama Para Dosen PNS yang ditugaskan (SM/Dok)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III, Paristiyanti Nurwardani menyambut baik dengan terus bertambahnya jumlah guru besar setiap tahunnya di lingkungan LLDikti Wilayah III.

"Keberadaan guru besar menjadi agent of change bagi perguruan tinggi untuk menciptakan iklim pengajaran yang berkualitas, sehingga daya saing perguruan tinggi di Wilayah III akan terus meningkat," ujarnya dalam acara silaturahmi dan diskusi bersama Dosen PNS yang ditugaskan dengan jabatan Profesor/Guru Besar di Jakarta pada Kamis, 7 April 2022.

Paris menuturkan bahwa makna agent of change dari seorang guru besar adalah sosok yang memprakarsai suatu perubahan dalam sebuah institusi.

"Dalam hal ini, agent of change diharapkan dapat berperan membantu perguruan tinggi untuk mengubah tata kelola, cara kerja, dan menginspirasi tenaga pengajar lainnya untuk terus berkembang ke jenjang yang lebih tinggi," tuturnya.

Sebab, di tengah ketatnya persaingan global yang terjadi saat ini, lulusan perguruan tinggi haruslah memiliki kemampuan dan kualitas yang mumpuni.

Tidak hanya itu, perguruan tinggi juga harus mampu memfasilitasi warga kampus dengan sarana dan prasarana pengajaran yang memadai, termasuk para dosen yang kompeten di bidangnya.

Untuk itu, LLDikti Wilayah III sebagai satuan kerja dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memiliki tugas dan fungsi dalam hal fasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di Provinsi DKI Jakarta terus berupaya meningkatkan kualitas dosen PNS yang ditugaskannya.

Dosen PNS yang ditugaskan merupakan dosen yang diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil berstatus Dipekerjakan di lingkungan LLDikti, serta ditempatkan di perguruan tinggi swasta (PTS). Dosen ini juga memiliki kewajiban untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Tidak hanya mengajar, namun juga meneliti dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang setiap semesternya  dilaporkan melalui Laporan Beban Kerja Dosen (BKD)," pungkasnya.***

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Mengenal 5 Prodi Andalan BRI Institute

Jumat, 2 September 2022 | 17:32 WIB
X