Revitalisasi LPTK untuk Memajukan Kualitas Pendidikan Guru di Indonesia

- Senin, 11 April 2022 | 18:49 WIB
Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Tjitjik Sri Tjahjandarie dalam Taklimat Media secara daring pada Senin, 11 April 2022  (SM/Prajtna Lydiasari)
Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Tjitjik Sri Tjahjandarie dalam Taklimat Media secara daring pada Senin, 11 April 2022 (SM/Prajtna Lydiasari)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Tjitjik Sri Tjahjandarie menyampaikan bahwa Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) akan memacu pertumbuhan kualitas guru.

Oleh karena itu, Kemendikbudristek melakukan merevitalisasi LPTK untuk memajukan kualitas pendidikan guru di Indonesia. Selain itu, revitalisasi ini dikhususkan untuk peningkatan jumlah dan kualitas Pendidikan Profesi Guru (PPG).

"Kita melakukan launching program revitalisasi LPTK. Kerja sama penyelenggaraan program studi PPG yang terbatas seperti bidang vokasi, mesti ditambah jumlahnya," ujarnya dalam Taklimat Media secara daring pada Senin, 11 April 2022.

Sementara Plt. Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek, Nizam mengatakan revitalisasi berguna meningkatkan kualitas calon guru agar guru baru lebih siap menghadapi tantangan zaman.

"Revitalisasi LPTK tujuannya tidak sekadar menjadi lebih baik, tapi bagaimana perubahan ke depan bisa kita jawab dengan menyiapkan guru-guru fresh graduate," kata Nizam.

Revitalisasi LPTK, lanjut Nizam, akan melibatkan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kemendikbudristek. Hal ini bertujuan agar pogram-program penguatan guru dalam revitalisasi LPTK tetap beriringan.

"Semoga melalui kolaborasi, koordinasi dan sinergi, akselerasi untuk menghasilkan SDM guru dan tenaga kependidikan yang andal untuk membangun Indonesia lebih baik ke depannya," tuturnya.

Program revitalisasi ini diharapkan dapat berjalan masif. Sehingga, keberadaan LPTK berkualitas semakin bertambah.

"Harapan kami akan banyak LPTK aktif dalam program, sehingga kita secara sitematis dan masif dapat meningkatkan jumlah maupun kualitas prodi PPG di Tanah Air," harap Tjitjik.***

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Pancasila Membumi di Universitas Pancasila

Selasa, 31 Januari 2023 | 16:16 WIB
X