Digitalisasi Naskah Nusantara Untuk Ilmu Pengetahuan

- Sabtu, 28 Mei 2022 | 20:54 WIB

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com—Keberadaaan naskah nusantara memberikan sumbangsih bagi keberagaman dunia pernaskahan dan ilmu pengetahuan.

Digitalisasi naskah, menjadi cara yang membantu memajukan ilmu pengetahuan tentang dunia pernaskahan.

Teknologi digitalisasi baru dikembangkan di perpustakaan besar pada 10-15 tahun yang lalu. Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) menjadi pelopor perpustakaan yang memanfaatkan teknologi digitalisasi ini, melalui portal Khastara atau Khasanah Pustaka Nusantara.

Pustakawan British Library, Annabel Teh Gallop, menyampaikan naskah nusantara telah tersebar di berbagai penjuru dunia sejak beberapa abad yang lalu, termasuk di London, Inggris.

Baca Juga: Eril Sudah Lakukan Pemetaan Sebelum Berteriak Help

"Di British Library yaitu Perpustakaan Nasional Inggris di London, kami juga melakukan digitalisasi pada naskah nusantara sejak sekitar 10 tahun yang lalu.

Jumlah koleksi nusantara ada sekitar 500 naskah yang terdaftar dalam buku katalog Indonesian Manuscripts in Great Britain," ungkapnya dalam gelar wicara Naskah Nusantara dalam Dunia Pernaskahan dan Ilmu Pengetahuan yang diselenggarakan secara virtual, pada Jumat (27/5/2022).

Annabel menambahkan, hampir semua program digitalisasi naskah di British Library mendapat biaya dari sponsor.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X