Kemendikbudristek Sediakan Rp 1 Triliun untuk dapat Dimanfaatkan Program Kedaireka

- Sabtu, 4 Juni 2022 | 07:48 WIB
Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kiki Yuliati (SM/Dok)
Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kiki Yuliati (SM/Dok)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kiki Yuliati menyampaikan bahwa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada 2022 menyediakan anggaran Rp1 triliun untuk dapat dimanfaatkan melalui Program Kedaireka.

"Adapun mekanisme yang perlu dilakukan untuk dapat mengikuti program tersebut dimulai dari dosen dan mitra membuat akun di platform Kedaireka," ujarnya.

Kiki menjelaskan bahwa dosen dapat menyampaikan keahlian dan spesialisasinya, sedangkan mitra dapat menyampaikan masalah dan kebutuhannya. Sistem akan mencocokkan antara dosen dan mitra, jika ditemukan kecocokan maka dosen dapat mengajukan proposal kepada Kemendikbudristek.

Ajuan proposal tersebut akan dinilai dan dipertimbangkan. Kemendikbudristek akan memberi dana hibah senilai dengan dana yang disediakan pemerintah daerah atau dengan rincian perbandingan 1:1.

Namun, tidak menutup kemungkinan dana hibah yang diberi dapat tiga kali lipat apabila permasalahan dan kebutuhannya menyangkut bangsa dan negara.

"Seandainya pemerintah daerah (pemda) menyediakan anggaran sebesar 10 rupiah, maka kementerian apabila menilai proposal ini layak akan memberikan 10 rupiah. Maka akan ada 20 rupiah anggaran untuk membantu persoalan yang dihadapi," jelasnya.

Selain itu, Koordinator Kemitraan Kedaireka, Rio Zakarias Widyandaru menjelaskan bahwa Program Kedaireka dimaksudkan agar dosen atau perguruan tingginya dapat membuat kreasi reka dalam bentuk inovasi atau solusi untuk kepada mitra yang terdaftar.

Mitra yang dimaksud dapat berupa lembaga, pemerintah daerah, industri, yayasan, atau lainnya yang sudah terdaftar. Sementara itu, terdapat lima skema dalam Program Dana Hibah Kedaireka Tahun 2023, yaitu Ekonomi Hijau, Ekonomi Biru, Ekonomi Digital, Kemandirian Kesehatan, dan Pariwisata.***

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Uhamka Jadi Kampus Islam Terbaik di Dunia Versi 4ICU

Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:33 WIB
X