Mahasiswa Indonesia mengharumkan nama bangsa dengan menjadi juara di kompetisi data science di Inggris

- Rabu, 15 Juni 2022 | 15:46 WIB

LONDON,suaramerdeka-jakara.com-

Mahasiswa Indonesia juara di kompetisi data science di UK Hackathon yang diikuti berbagai peserta dari tuan rumah UK, Europe, India dan Asia termasuk Indonesia.

Acara ini bertepatan pada maritime innovation of the week 2022 yang diselenggarakan di London dan Newcastle UK, Kompetisi,The Maritime Innovation Week 2022 Hackathon, UK by Port of Tyne and The National Innovation Centre for Data

Kompetisi ini dimenangkan oleh tim (4 orang) mahasiswa dari Indonesia yang berhasil menyelesaikan case berjudul 'How to reduce CO2 emission in shipping and maritime industry, zero emission by 2030' (Bagaimana mengurangi emisi CO2 pada industri perkapalan dan maritim, nol emisi karbon pada 2030).

Baca Juga: Alasan Presiden Tunjuk Zulhas Jadi Mendag: Pengalaman dan Rekam Jejak Yang Panjang

Mereka melakukan metode pendekatan dengan prediktif analitik menggunakan machine learning (pembelajaran mesin) dan scenario modeling (permodelan berbasis skenario).

Dengan integrasi antara Python dan Power BI, mereka melakukan permodelan interaktif berbasis skenario pada Powerpoint berdasarkan Python-Power BI cloud dan mendemonstrasikan tidak hanya solusi konseptual saja tetapi juga tindakan nyata melakukan pemodelan skenario dan prediksi pada smartphone.

Inovasi teknologi termutakhir ini dikembangkan oleh Dr. Harry Patria sebagai CEO dan Chief Data Strategist di Strategi Transforma Infiniti (Patria & Co.) di beberapa clients korporat yang menggunakan predictive analytics untuk memprediksi jumlah hasil panen, usia alat berat pada industri pertambangan, prediksi waktu pemeliharaan fasilitas pembangkit dan lainnya.

Baca Juga: Alasan Presiden Tunjuk Zulhas Jadi Mendag: Pengalaman dan Rekam Jejak Yang Panjang

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kontes Bergengsi Honda Bahas Isu Lingkungan

Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:54 WIB

Uhamka Jadi Kampus Islam Terbaik di Dunia Versi 4ICU

Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:33 WIB

Solidaritas Mahasiswa Teknik Mesin Tinggi

Rabu, 3 Agustus 2022 | 15:39 WIB
X