Perpusnas Dukung Upaya ANRI Selamatkan Arsip Terjaga dan Arsip Statis

- Rabu, 15 Juni 2022 | 18:47 WIB

 

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com— Kepala Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas), Muhammad Syarif Bando, menyerahkan arsip statis dan salinan autentik arsip terjaga kepada Kepala Arsip Nasional RI (ANRI), Imam Gunarto.

Arsip statis yang diserahkan berupa nota kesepahaman (MoU) antara Perpusnas dan perpustakaan Prancis.

Sementara salinan autentik arsip terjaga yang diserahkan berupa MoU antara Perpusnas dan Perpustakaan Nasional Korea Selatan serta Perpusnas dan Perpustakaan Kazakhstan.

 

Baca Juga: Jaga Kualitas Makanan untuk Jaga Kesehatan Masyarakat

Kepala Perpusnas mengapresiasi upaya yang dilakukan ANRI dalam membina kearsipan di Perpusnas.

Hal ini dikarenakan nilai kearsipan yang diperoleh Perpusnas mengalami peningkatan yang sangat signifikan, dari awalnya 35 menjadi 80 dalam lima tahun terakhir.

Menurutnya, arsip merupakan identitas bangsa. Oleh karena itu, dibutuhkan pengetahuan arsip yang memadai untuk mengelola manajemen pemerintahan dan tata kelola kenegaraan, serta komitmen untuk menyiapkan dokumen.

“Tak ada yang meragukan kekuatan persenjataan dan militer bangsa Indonesia. Namun karena Indonesia tidak mampu menunjukkan arsip terjaga dari pulau Ligitan dan Sipadan dalam pengadilan internasional yang berlangsung di Den Haag waktu itu, kedua pulau tersebut lepas dari NKRI,” jelasnya dalam Rapat Koordinasi Penyelamatan Arsip Terjaga Nasional di Kemang, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X