Rektor UNJ : Keterbukaan Informasi Publik sangat Penting

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 08:16 WIB
Workshop Tata Kelola Pejabat Pengelola Informasi Publik atau PPID UNJ dengan tema PPID UNJ sebagai Garda Terdepan Peningkatan Kualitas Pelayanan Informasi Publik dan sekaligius Launching Aplikasi PPID UNJ (SM/Prajtna Lydiasari)
Workshop Tata Kelola Pejabat Pengelola Informasi Publik atau PPID UNJ dengan tema PPID UNJ sebagai Garda Terdepan Peningkatan Kualitas Pelayanan Informasi Publik dan sekaligius Launching Aplikasi PPID UNJ (SM/Prajtna Lydiasari)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Komarudin mengatakan keterbukaan informasi publik sangat penting oleh karena masyarakat dapat mengontrol setiap langkah dan kebijakan yang diambil oleh setiap Badan Publik.

Untuk itu, UNJ melalui Kantor Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama menggelar Workshop Tata Kelola Pejabat Pengelola Informasi Publik atau PPID UNJ dengan tema PPID UNJ sebagai Garda Terdepan Peningkatan Kualitas Pelayanan Informasi Publik dan sekaligius Launching Aplikasi PPID UNJ.

"Keterbukaan informasi publik merupakan bagian penting dari penyelenggaraan pelayanan publik juga merupakan hak yang sangat penting dan strategis bagi warga negara untuk menuju akses terhadap hak-hak lainnya," katanya di Aula Gedung UTC Kampus A UNJ pada Jumat, 17 Juni 2022.

Karena, lanjut Komarudin, bagaimana mungkin akan mendapatkan hak dan pelayanan lainnya dengan baik jika informasi yang diperoleh mengenai hak-hak tersebut tidaklah didapatkan secara tepat dan benar.

Komarudin menjelaskan bahwa UNJ sebagai Badan Publik tentu wajib melaksanakan amanat UU Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Dalam rangka pelaksanaan pelayanan informasi publik tersebut, dibentuk juga stuktur Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

"Fungsi PPID UNJ dilaksanakan oleh Kantor Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama yang dalam menjalankan tugasnya dibantu oleh Kantor Humas dan Informasi Publik sebagai PPID Pelaksana," jelasnya.

Komarudin menyampaikan bahwa kita patut bersyukur dan bangga bahwa baru satu tahun PPID UNJ dibentuk dan dijalankan, pada PPID November tahun 2021 lalu, PPID UNJ sudah mendapatkan penghargaan  predikat “Menuju Informatif” atau meraih skor rentang 80 - 89.

"Dan tentunya ditahun ini akan kembali ada monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik oleh Komisi Informasi Publik Republik Indonesia dan kita berharap mendapat predikat “Informatif” atau meraih skor rentang 90 - 100," ujarnya.

Komarudin, berharap dengan adanya PPID UNJ ini dapat menjadi garda terdepan peningkatan kualitas pelayanan informasi publik.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

X